126 Sabtu, 16 Agustus 2014 | 10:13:15

Kopenhagen Sukses Menambah Jumlah Pengendara Sepeda di Perkotaan

Kopenhagen Sukses Menambah Jumlah Pengendara Sepeda di Perkotaanthestar

Kopenhagen, Denmark mempunyai jalur sepeda yang terpisah dari jalan raya untuk kendaraan bermotor. Praktik yang mulai dilaksanakan pada tahun 1980-an itu efektif meningkatkan jumlah pengguna sepeda secara signifikan. Saat ini, Pemerintah Kota Kopenhagen sedang berusaha menambah lebih banyak lagi jumlah pengendara sepeda. Seperti yang ditulis oleh Fastcoexist.com, pemerintah setempat membangun lebih banyak infrastruktur untuk para pengendara sepeda.

Infrastruktur terbaru yaitu merupakan jalan layang khusus sepeda. Jalur ini ditempatkan di beberapa kawasan yang biasanya dipadati atau dipenuhi oleh pejalan kaki.

Jalan layang bernama Cykelslangen atau yang berarti Sepeda Ular, dirancang oleh para arsitek dalam Dissing+Weitling. Jalur itu bukan cuma membuat pengendara sepeda lebih mudah pergi dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Di kota yang relatif datar, jalur yang memiliki warna oranye mencolok itu menyajikan "tantangan" bagi para pengendara sepeda. Jalur yang ada terkadang berkelok, mendaki, dan menurun. Pengendara sepeda juga tidak perlu khawatir akan bertabrakan dengan pejalan kaki di tikungan-tikungan.

"Ada hubungan hilang yang memaksa pengendara sepeda menggunakan tangga atau membuat putaran besar di sekitar pusat perbelanjaan," ungkap Mikael Colville-Anderson seorang ahli desain urban dan CEO Copenhagenize Design Company, pada Fastcoexist.com. Colville-Anderson menilai, solusi ini menyediakan proses perjalanan yang lebih singkat bagi pengendara sepeda.

Menurut laporan Adele Peters dalam Fastcoexist.com, Kopenhagen sedang berencana membangun enam jembatan sepeda-pejalan kaki baru. Hal ini tentu saja disambut dengan baik oleh Colville-Anderson.

"Hal-hal ini akan menjadi perbaikan besar untuk memprioritaskan sepeda sebagai alat transportasi. Untuk mendesain kota bagi manusia, ketimbang mendesain kota untuk mobil," katanya.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita