130 Senin, 11 Agustus 2014 | 14:14:32

Rumah Seken Mulai Diminati di Hongkong

Rumah Seken Mulai Diminati di HongkongChina Daily

Karena terbatasnya pasokan rumah baru yang masuk ke pasaran, jumlah permintaan pasar untuk rumah seken di Hong Kong mulai bertambah secara signifikan. “Konsumen cepat tanggap dalam keputusan yang diambil. Minggu lalu saja perputaran ekonomi untuk pasar hunian seken udah mulai membaik,” ujar Patrick Chow, Head of Research RicaCorp Properties, salah satu agen properti yang berbasis di Hongkong.

Karena jumlah pasokan rumah baru yang terbatas itu jugalah mengapa para pengembang banyak yang takut untuk memberikan diskon yang besar. Minggu lalu, apartemen dengan tiga kamar tidur seluas 55 meter persegi di daerah Kornhil, Quarry Bary, terjual dengan harga 7,19 juta dolar Hongkong atau sekitar Rp. 10,8 miliar yang berarti permeter perseginya seharga 12,1 dolar Hongkong atau setara dengan Rp. 203 juta. Angka tersebut mencatat rekor tersendiri. Di distrik yang sama, sebuah rumah dengan dua kamar tidur seluas 37 meter persegi di Nan Fung Sun Chuen terjual dengan harga 5,25 dolar Hongkong atau setara dengan kurang lebih Rp. 8 miliar.

Sebanyak 233 transaksi di 50 perumahan tercatat oleh RicaCorp sepanjang minggu lalu, angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 32 persen jika dibanding dengan pekan lalu. “Ini merupakan rekor terbaru selama 14 minggu terakhir, angka ini membuat harga hunian seken naik hingga 0,8 persen,” jelas David Chan, Direktur RicaCorp Properties.

Di periode yang sama, angka penjualan rumah seken di Hongkong mencapai 29 transaksi. Jumlah ini menunjukkan adanya kenaikan sebesar 53 persen dari pekan yang lalu. Hasil penelitian dari Midland Realty juga menunjukkan hal yang sama. Akhir minggu lalu, terdapat 18 unit apartemen dari 10 proyek yang terjual, dan jumlah ini menunjukkan adanya kenaikan sebesar 60 persen dari pekan yang lalu. Sementara, masih dalam periode yang sama, tercatat 95 unit rumah yang terjual di pasar primer.

Menurut Chan, meskipun persentase penjualan mengalami kenaikan karena terbatasnya unit hunian baru yang dijual di pasaran, volume penjualan belum mengalami kenaikan yang signifikan. Chan memperkirakan bahwa permintaan pasar dari kalangan upgrader (pembeli rumah kesekian) akan tetap meningkat dan pada bulan-bulan yang akan datang akan mendominasi pasar hunian seken di Hongkong.

 

Sumber: South China Morning Post

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita