132 Selasa, 12 Agustus 2014 | 16:09:11

India Bertekad Kembangkan 100 Smart City

India Bertekad Kembangkan 100 Smart Citycnn

Benarkan masa depan kota pintar atau smart city ada di India? Setidaknya pemerintah memiliki rencana megah mengembangkan 100 kota pintar di seluruh negeri. Kota-kota tersebut juga direncanakan akan dilengkapi bermacam-macam fasilitas pendidikan modern dan kesempatan kerja. M Venkaiah Naidu selaku Menteri Pembangunan Perkotaan menyatakan proyek 100 kota pintar tersebut masih dalam tahap rancangan dan rincian. Diskusi dengan semua pemilik kepentingan, termasuk pemerintah negara bagian, sedang rajin dilakukan.

"Kota-kota yang belum diidentifikasi, akan dikonversi menjadi smart cities. Kota pintar menawarkan peluang pendidikan, pekerjaan dan hiburan yang sebagian besar terkonsentrasi di pusat-pusat perkotaan dan semi-perkotaan dan ketiga faktor ini memaksa semakin banyak orang meninggalkan daerah pedesaan dan bermigrasi ke kota-kota besar. Dengan konsep kota pintar migrasi tidak akan terjadi lagi," jelas Naidu.

Naidu menyebutkan jumlah populasi India yang bermigrasi urban dari desa ke kota pada 2026 mendatang diprediksi bertambah 38,2 persen. Per tahun 2001 saja penduduk India sudah berjumlah lebih dari 1,2 miliar jiwa dengan pertambahan migrasi 27,8 persen. Sementara pada 2011, pertumbuhan migrasi mencapai angka 31,6 persen.

"Tingginya jumlah populasi ini memaksa kami menciptakan peluang-peluang kota pintar yang dapat mengakomodasi kebutuhan penduduk. Sehingga jumlah populasi tidak dipandang sebagai kendala," lanjut Naidu.

Bukan hanya India negara yang bermasalah dengan densitas populasi dan urbanisasi. World Urbanization Prospectus mengatakan, ada empat negara lainnya yaitu Tiongkok dengan pertumbuhan migrasi 50,6 persen, Indonesia sebesar 50,7 persen, Afrika Selatan sebesar 62 persen dan Brasil sebesar 84.6 persen.

Infrastruktur

Untuk merealisasikan 100 kota pintar tersebut, pemerintah India menganggarkan investasi sebesar 1,2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,1 triliun. Dana tersebut berasal dari investor lokal dan asing.

Hal utama yang akan mereka kembangkan pertama adalah pembangunan infrastruktur, transportasi massal, dan fasilitas-fasilitas umum yang mudah diakses masyarakat.

Pengembangan kota pintar bukanlah ambisi kosong. India telah memulainya dengan membangun beberapa kota di negara bagian Gujarat yang mengacu pada kelas menengah perkotaan.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita