126 Kamis, 07 Agustus 2014 | 13:51:43

Akhirnya, Pembangunan Jenga Tower Disetujui

Akhirnya, Pembangunan Jenga Tower Disetujuistandard

Jenga Tower, pencakar langit kontroversial akhirnya mendapat izin Komite Perencanaan Kota Lambeth, Rabu (6/8/14) untuk dibangun tahun ini. Alasan Jenga Tower dinilai kontroversial adalah, pembangunan gedung ini mendapatkan tentangan dari warga sekitar Westminster, London, Inggris. Gedung super tinggi yang memiliki 50 lantai ini dinilai bisa mengurangi hak publik untuk dapat mengakses cahaya matahari dan merusak pemandangan sekitar. Contohnya gedung parlemen, Westminster Abbey, Westminster Heritage Council Building, dan lain-lain.

Penduduk memprotes proyek ini selama berbulan-bulan dan mengeluarkan petisi kepada Komite Perencanaan Kota Lambeth untuk tidak memberikan izin mendirikan bangunan.

Bukan hanya Jenga Tower proyek yang satu-satunya mendapat kecaman warga. Sebelumnya, ada gedung yang memiliki 40 lantai yang juga diprotes warga karena dianggap dapat merusak pemandangan dan mengambil alih hak publik. Tetapi, Komite Perencanaan Kota akhirnya merestui pembangunannya.

McGrove Properties dan Vauxhall Bondway selaku pengembang menjanjikan Jenga Tower akan memfasilitasi kepentingan publik dengan menciptakan ruang-ruang komunal. Dan juga, konsep pembangunan Jenga Tower didesain berkelanjutan dengan penggunaan bahan kualitas tinggi dan ramah lingkungan

"Kami akan memberikan manfaat besar untuk publik dan memberikan kontribusi positif terhadap regenerasi hunian murah di Lambeth. Kami membangun ruang komunal 10 kali lebih banyak dari ruang-ruang yang sudah ada ," kata pengembang.

Sekedar informasi, harga properti di Lambeth meningkat 26 persen pada tahun lalu. Sedangkan Jenga Tower dinyatakan jauh lebih murah dari harga rerata properti Lambeth yakni antara 720,000 poundsterling atau setara dengan Rp 14,2 miliar dan 5 juta poundsterling yang setara dengan Rp 99 miliar.

Jenga Tower adalah apartemen dua menara yang memiliki 450 unit, dilengkapi gym pribadi, bioskop, kebun musim dingin, dan ruang kantor.

McGrove dab Vauxhall Bondway membidik fungsi perkantoran di dalam menara itu dapat memikat 319 pekerjaan penuh waktu dan 753 peran konstruksi.

Bila konstruksinya usai, Jenga Tower akan bergabung dengan enam gedung pencakar langit lainnya, termasuk Market Tower setinggi 58 lantai, di Wandsworth, yang didesain dapat memperbarui cakralawa London Selatan.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita