238 Senin, 04 Agustus 2014 | 15:15:52

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Terancam Akibat Properti Lesu

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Terancam Akibat Properti Lesuvibiznews

Pasar properti semakin menurun dan mengancam pertumbuhan ekonomi Tiongkok. Penyebab hal ini terjadi ialah 10 kota besar yang berperan sebagai pasar properti yang terkuat mengalami penurunan harga yang signifikan. China Real Estate Index System atau CREIS mencatat penurunan harga selama tiga bulan belakangan, Mei-Juli 2014. Bahkan, beberapa kota mengalami vakum penjualan.

 Indeks tersebut juga memperlihatkan harga rumah per Juli turun sebesar 0,81 persen dibanding Juni. Hal ini terjadi di 76 kota dari total 100 kota yang ditinjau. Sedangkan 24 kota lainnya mengalami peningkatan.

Shanghai dan Beijing yang merupakan pasar paling kuat pun tidak sanggup menahan gelombang arus kejatuhan. Dua kota ini termasuk dari sepuluh kota yang mengalami kejatuhan harga.

"Pasar tertekan akibat pasokan segunung dan rasio utang yang tinggi. Pengembang pun terpaksa memangkas harga jual untuk mengejar target penjualan," catat CREIS.

Hasilnya, beberapa kota pun memutuskan untuk menarik kebijakan pembatasan pembelian properti guna meningkatkan penjualan dan mengatasi utang. Jumat (1/8/2014), sebanyak 60 persen dari 46 kota yang menerapkan kebijakan pembatasan pembelian, mulai merevisinya.

Tetapi, menarik kebijakan pembatasan pembelian properti tersebut dinilai tidak cukup untuk mengembalikan keadaan seperti normal.

Zhang Dawei  selaku Market Research Director Centaline Property Agency Ltd, menyatakan bahwa tindakan itu tidak cukup untuk menopang pasar. Zhang mendesak dukungan kredit yang lebih untuk menghidupkan kembali sektor yang menyumbang sekitar 15 persen dari PDB dan langsung mempengaruhi sekitar 40 sektor usaha lain di Tiongkok.

"Kredit dan penawaran kredit memainkan peran penting di pasar properti," ujar Zhang.

Para analis mengatakan melemahnya pasar properti mengancam pertumbuhan ekonomi yang baru saja menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah mengalami hambatan pada semester pertama 2014.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita