194 Kamis, 24 Juli 2014 | 11:33:07

Fasad Perunggu Melapisi Stadion Baru Perth

Fasad Perunggu Melapisi Stadion Baru PerthKompas

Merupakan bentuk aksi terbaru untuk pengembangan kawasan olahraga baru di Perth, Australia, Stadion Perth akan dibangun dengan kapasitas 60.000 kursi. Proyek ini dirancang oleh tim yang terdiri dari COX arsitektur, arsitek HKS Arup, dan Hassel Studio. Ketiganya merupakan sebuah konsorium yang dipimpin oleh Brookfield Multipleks (desain konstruksi), John Laing yang merupakan seorang investor dan manajemen aset, dan Brookfield Johnson sebagai manajemen fasilitas.

Kawasan olahraga tersebut didesain menjadi lima struktur bangunan berjenjang dengan 85 persen bagian teratasnya terdiri dari tempat duku. Hal yang paling khas adalah fasad perunggu yang melapisi sebagian besar atap melingkarnya sebagai cara mempresentasinya geologi Autralia Barat dan menunjukkan identitas visual untuk kompleks olahraga ini. Sedangkan interiornya, lampu LED akan menerangi shading kanopi putih pada malam hari dan ini berhubungan erat dengan warna tim tuan rumah.

Fasilitas-fasilitas yang ada disiapkan untuk menjadi tuan rumah beragam acara olahraga, salah satunya yaitu Aussie Rules atau Sepakbola Gaya Australia, sepak bola, kriket, konser music, dan lain-lain. Stadion ini juga akan menjadi tuan rumah untuk tim rugby dan Australian Football League (AFL).

Stadion tersebut diagendakan bakal dibangun di semenanjung Burswood di samping Swan River. Desainnya menawarkan banyak lanskap bervegetasi dan mengkoneksikan stasiun angkutan umum.

"Desainnya memenuhi persyaratan untuk kelas dunia, karena ini akan menjadi stadion serba guna. Fasilitas ini tidak hanya akan memberikan penggemar pengalaman yang luar biasa, tetapi juga akan rekreasi yang megah," ungkap Colin Barnett selaku Premier of Western Australia. 

Dan anggaran untuk pembangunan proyek ini sebesar  40 juta dollar AS atau setara dengan Rp 460 miliar.

 

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita