152 Senin, 21 Juli 2014 | 15:46:59

Untuk Salip Dolar, Yuan Harus Lebih Mendunia

Untuk Salip Dolar, Yuan Harus Lebih Menduniadreamstime

Bambang Brodjonegoro selaku Wakil Menteri Keuangan menganggap mata uang Tiongkok yaitu yuan, memiliki peluang untuk untuk menjadi mata uang dunia menggantikan posisi dolar Amerika Serikat atau AS. Untuk itu, yuan harus di gunakan untuk bertransaksi oleh berbagai negara di dunia. "Mungkin saja kalau coverage-nya besar. Kalau cuma Tiongkok saja yang pakai ya masih susah," ungkapnya di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Bambang pun melanjutkan, kemudian posisi yuan  sebagai ‘raja’ mata uang juga akan ditentukan oleh volume perdagangan Tiongkok. Pastinya tidak hanya terkait ekspor, namun juga impor agar negara-negara lain juga mempunyai kesempatan untuk memiliki yuan.

Untuk informasi, beberapa waktu lalu survey HSBC menyatakan bahwa mata uang Tiongkok, yaitu yuan, pada masa yang akan datang akan mampu menguasai perekonomian dunia. Yuan memiliki kesempatan besar untuk menjadi mata uang utama, menggantikan posisi dominasi dolar AS.

Hasil survey HSBC menyatakan bahwa ada 11 negara, contohnya Perancis dan Taiwan, yang sebagian besar perusahaannya bertransaksi menggunakan mata uang yuan.

Survey diadakan dengan responden 1.304 perusahaan dari berbagai negara yang bekerja sama tau berbisnis dengan Tiongkok. Seluruh perusahaan tersebut berasal dari 11 negara yang menjadi objek survey, yaitu Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, Uni Emirat Arab, Kanada, serta Amerika Serikat.

 

 

 

Sumber: detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita