118 Jum'at, 18 Juli 2014 | 16:06:11

Harga Rumah Naik Percepat Laju Inflasi Selandia Baru

Harga Rumah Naik Percepat Laju Inflasi Selandia BaruKompas

Inflasi Selandia Baru pada kuartal kedua 2014 mengalami kenaikan melebihi kuartal sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh inflasi pada sektor perumahan dan juga utilitas rumah seperti laporan lembaga statistik Selandia Baru. Laporan statistik setiap kuartal tersebut menunjukkan inflasi Selandia secara basis tahunan naik sebesar 1,5 persen. Peningkatan harga di perumahan dan utulitas rumah tangga naik sebesar 3,4 persen, harga beli rumah yang baru dibangun tanpa lahan naik sebesar 4,6 persen pada tahun ini, sementara itu di Auckland naik sebesar 5,5 persen dan Canterbury sebesar 6,4 persen.

Dana sewa perumahan naik sebesar 2,2 persen, listrik naik sebesar 4,5 persen, pemeliharaan properti naik sebesar 3,4 persen dan tingkat otoritas lokal naik sebesar 4,1 persen. Harga rokok dan tembakau meningkat sebesar 10,2 persen, menyatakan adanya peningkatan cukai pada bulan Januari. Harga bahan bakar bensin juga meningkat sebesar 2,8 persen tahun ini.

Sebaliknya, penyebab utama adanya penurunan harga tahun ini berasal dari perlengkapan audio visual dan komputasi turun sebesar 9,8 persen. harga kendaraan turun sebesar 2,9 persen menyatakan rendahnya harga untuk mobil baru maupun mobil bekas.

Masalah yang dilaporkan yaitu krus Dollar Selandia Baru yang menguat memiliki pengaruh pada harga eceran barang yang diperjual belikan secara internasional. Barang-barang tersebut termasuk mobil dan peralatan.

 

 

 

Sumber: vibiznews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita