440 Kamis, 17 Juli 2014 | 12:02:13

Pusat Olahraga Terpadu Pertama di Asia Milik Singapura

Pusat Olahraga Terpadu Pertama di Asia Milik Singapurastraitstimes

Singapore Sport Hub yang dirancang oleh DP Architects bisa jadi merupakan pusat olahraga terpadu pertama yang dimiliki Asia. Semua tersedia disini, mulai dari kebutuhan rekreasi, hiburan, sampai pusat gaya hidup. Berdiri di tepi laut yang memiliki luas 35 hektar, tempat ini menawarkan lingkungan unik antara pusat kota atau pusat pemerintahan dan masyarakat umum yang lebih luas. Singapore Sport Hub akan menjadi proyek utama pembangunan Sport Singapore Vision 2030 (Visi Olahraga Singapura 2030). Sebuah simbol budaya baru yang menjadikan gerakan berkelanjutan bagi masyarakat untuk hidup sehat dan aktif secara nasional.

Didesain sebagai warisan jangka panjang, Sports Singapore Vision 2030 akan menentukan standar baru adaptasi dan integrasi sosial. Karena visinya ialah menyediakan stadion utama untuk bermacam-macam peristiwa besar dan juga menjadi ruang tujuan publik yang inklusif, memandang fasilitas atletik di dalamnya akan mendukung aktifitas masyarakat sehari-hari sepanjang tahun.

DP Architects mengembangkan ide tersebut dengan sepenuhnya memanfaatkan lokasi strategis guna membangun visi yang ditetapkan. Jalan dari dan menuju tempat ini terhubung langsung dengan area pejalan kaki dan arah-arah menuju taman di seluruh kota. Pusat olahraga ini juga akan menyediakan taman dan kawasan permukiman lebih luas serta akses mudah menuju sistem transportasi mass rapid transit atau MRT.

Titik pokok dari proposal DP Artchitects ini ialah menetapkan desain stadion internasional berkapasitas 55.000 kursi yang nyaman, berpendingin udara, dan dengan atap yang bergerak. DP Architects menyatakan, stadion ini merupakan stadion pertama di dunia yang dirancang khusus untuk olahraga sepakbola, rugby, dan kriket.

Kubah kompleks stadion ini menjadi kanopi pelindung yang fungsinya menghubungkan ke semua bagian gedung. Kubah ini merupakan struktur kubah terbesar di dunia dengan, kubah ini terbentang lebih dari 310 meter. Dengan pendekatan bangunan hijau selama proses merancang, Singapore Sport Hub akan menjadi proyek arsitektur berkelanjutan yang ekstensif menggabungkan lanskap, sistem air, dan penghijauan.

 

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita