51 Rabu, 16 Juli 2014 | 11:54:30

Kota Mini Berpendingin Udara di Dubai

Kota Mini Berpendingin Udara di Dubaigulfnews

Selama ini sudah diketahui kalau Dubai selalu terobsesi untuk menjadi yang terdepan dalam bidang pembangunan kota. Bukan hanya gedung tertinggi di dunia, kolam ikan terbesar, dan agenda pembangunan mall dan indoor theme park terbesar. Tempat ini bagaikan kota mini. Selain mal, 20 ribu kamar dari 100 hotel, sebuah medical resort, fasilitas untuk beragam event, serta distrik teater termasuk dalam proyek ini. Yang mencengangkan, semua fasilitas tersebut berada dalam satu atap besar berpendingin udara. Proyek ini dapat mencatat rekor dunia karena akan menjadi kota mini berpendingin udara pertama di muka bumi.

Mal yang akan dibuat itu memiliki luas 744.000 m2 yang berarti empat kali luas Dubai Mall, mal terbesar di dunia saat ini. Jajaran toko-tokonya mempunyai panjang  7 km lebih. Tidak aneh, kalau pihak pengembang, Dubai Holdings, memberi nama Mall of the World.

Dipercaya, kota ini akan menarik para shopaholic dari seluruh belahan dunia. Sebanyak 180 juta pengunjung diharapkan akan datang setiap tahun. Pihak pengembang yakin, target itu dapat diraih karena kota ini memiliki segalanya, mulai dari hiburan, akomodasi dan pengunjung akan terlindungi dari gangguan cuaca seperti badai pasir.

Bukan hanya itu, mereka juga percaya jika fasilitas kesehatan yang ada akan menarik banyak pengunjung seiring dengan tumbuhnya industri wisata kesehatan. Diprediksi 750.000 orang turis asal AS akan berkunjung, belum lagi turis dari negara lain. Fasilitas kesehatan yang disediakan seluas 279.000 m2 dan memiliki klinik spesialis bedah kosmetik.

Proyek ini ditaksir memakan dana sekitar 25 miliar dirham Emirat Arab atau 7 miliar dolar AS, sama dengan Rp82 triliun. Berdasarkan Dubai Holdings, proyek ini akan dibangun secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan wisatawan keluarga ke Dubai dan akan usai dalam 10 tahun.

Pembangunan kota ini berjalan pada situasi pasar properti Dubai yang sedang tinggi. Menurut laporan Reuters, institusi-institusi keuangan terus memberikan uangnya ke sektor properti. Sedangkan bank sentral telah mengingatkan bahwa sektor ini sudah sangat panas. Karena itu, ada kepanikan jika pembangunan Mall of the World ini akan menjadi simbol krisis berikutnya setelah pembangunan pulau berbentuk peta dunia.

 

 

 

Sumber: housing estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita