210 Selasa, 15 Juli 2014 | 15:58:05

Pajak Tinggi, Gedung Tertinggi di Korea Kosong

Pajak Tinggi, Gedung Tertinggi di Korea Kosongskyscrapercenter

Pemerintah Korea mungkir dari janji yang diucapkan perihal keringanan pajak dan kemudahan perizinan usaha. Hal tersebut menyebabkan gedung tertinggi di Korea Selatan, Northeast Asia Trade Tower hanya terisi setengah. Penyewa yang menempati gedung tersebut adalah pemilik sekaligus pengembangnya, yaitu Daewoo International Corp. Mereka mau tidak mau memindahkan kantor pusatnya dari Seoul guna menghidupkan suasana gedung ini. Daewoo International Corp mengisi lantai 9 hingga lantai 21.

Ada pun, hotel Oakwood Premier Incheon yang akan beroperasi akhir bulan Juli ini menepati lantai 34-36. Sedangkan, lantai 33 ke bawah masih kosong.

"Kami baru saja mulai mencari penyewa, tetapi prospek tidak cerah. Bikin sakit kepala saja, karena pekerjaan kami bertambah," ujar juru bicara Daewoo.

Bahwasanya, Northeast Asia Trade Tower pemilik tinggi 68 lantai yang dibangun dengan biaya Rp 7,1 triliun, adalah bagian dari pengembangan megaproyek pusat bisnis Songdo senilai Rp 40,7 triliun. Megaproyek ini akan usai pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018, bersamaan dengan rencana pemerintah Korean Selatan yang hendak merubah Songdo menjadi pusat distrik keuangan dan bisnis ternama di regional Asia Pasifik.

Tak main-main, usaha Korea Selatan untuk menarik investor dan perusahaan multinasional masuk ke Songdo ialah dengan menawarkan keringanan pajak dan kemudahan perizinan berbisnis.

"Sejak awal proyek ini, kami telah meminta insentif pemerintah dan keringanan pajak akan tersedia tidak hanya untuk perusahaan asing, tetapi juga untuk perusahaan-perusahaan domestik. Sayangnya, hal itu tidak pernah terjadi," tutur seorang pejabat Gale International, kontraktor Northeast Asia Trade Tower.

Alasan pemerintah Korea Selatan mungkir dari janjinya yaitu keringanan pajak dan insentif yang diberikan kepada perusahaan lokal di Songdo hanya akan mendiskriminasi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah lain. Hasilnya, ruang-ruang kantor di Northeast Asia Trade Tower dan juga kondominium Songdo hanya terisi setengahnya.

 

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita