168 Kamis, 10 Juli 2014 | 14:41:41

Shanghai Catat Rekor Harga Rumah Termahal

Shanghai Catat Rekor Harga Rumah Termahalshanghaiholiday

Dalam rangka meningkatkan penjualan pasar rumah mewah dalam negeri yang sedang melemah, pusat keuangan China di Shanghai telah setuju dengan para pengembang untuk menawarkan harga tertinggi menjual rumah di perkotaan. SouFun Holdings Ltd (SFUN), situs real astate terbesar di China, dan makelar Centaline Group mengatakan, salah satu pengembang itu misalnya Shenzhen Overseas Chinese Town Co yang telah mencatat rekor termahal. Pengembang tersebut menetapkan harga untuk produk property kelas atas hingga 298.000 yuan atau sekitar 48.100 per meter persegi.

"Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kepercayaan pembeli," umgkap Liu Yuan, seorang peneliti Centaline yang berbasis di Shanghai.

"Jika pengembang diperbolehkan menjual dengan harga lebih tinggi, maka orang akan berpikir bahwa pasar tidak seburuk yang mereka kira," lanjutnya.

Yang mendorong beberapa kota di China untuk memudahkan kebijakan properti di tengah perlambatan industri internasional adalah upaya pemerintah China selama empat tahun untuk mengendalikan harga dan memberantas spekulasi. Penjualan rumah dari Januari sampai Mei di China merosot 10 persen dari tahun sebelumnya. Catatan ini sangat berbanding terbalik dengan kenaikan 27 persen pada 2013 lalu. Akibatnya, pengembang berusaha meningkatkan penjualan dengan mengurangi harga dan menawarkan insentif.

 Sampai saat ini Hohhot, kota di utara China, adalah kota pertama yang mengurangi pembatasan pembelian rumah pada bulan Juni. Sebelumnya, warga ibukota Provinsi Mongolia sudah dibatasi jumlah properti yang bisa mereka beli dan tidak perlu lagi menunjukkan bukti kepemilikan pembelian rumah.

Harga maksimum yang ditawarkan Shenzhen Overseas ternyata telah melampaui rekor yang pernah ditawarkan Sun Hung Kai Properties Ltd, yaitu 264.000 yuan per meter persegi. Misalnya sebuah proyek properti di Beijing dengan harga 300.000 yuan per meter persegi pada tahun 2011, diharuskan memperoleh persetujuan dari pemerintah dan mendaftarkan harga jual mereka di otoritas perumahan lokal.

 

 

 

Sumber: property.kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita