197 Selasa, 08 Juli 2014 | 16:06:27

Proyek Fantastis Dubai di Tengah Krisis Hutang

Proyek Fantastis Dubai di Tengah Krisis Hutangproperti.kompas

Mall of the World, proyek ini merupakan proyek fantastis Uni Emirat Arab terhadap Dubai di tengah krisis hutang yang sedang melanda. Mall ini bisa jadi akan melengkapi proyek-proyek ambisius sebelumnya. Mal terbesar di dunia ini dilengkapi taman yang sangat luas, 100 unit hotel dan apartemen. Setelah Burj Khalifa yang fenomenal dengan ketinggian 828 meter dan masuk dalam jajaran gedung tertinggi di dunia, Dubai akan memilki mal terbesar di dunia yang sedang dirancang pembangunannya.

 Proyek Dubai Holdings itu direncanakan untuk mendukung agar Dubai menjadi tempat tujuan wisata sepanjang tahun meski pada waktu musim panas, yang suhunya bisa mencapai 50C. Mereka juga menjuluki proyek tersebut dengan nama “pedestrian kota dengan temperatur yang bisa dikendalikan".

Berada di atas tanah seluas 48 juta kaki persegi, Mall of the World juga akan menyediakan fasilitas kesehatan, hiburan seperti bioskop, serta tempat perayaan yang dirancang mirip boulevard Ramblas di Barcelona. Mal yang dapat dikatakan sebagai ‘kota di dalam kota’ itu diharapkan dapat membantu Dubai menarik wisatawan bahkan saat musim panas dengan keadaan iklim yang terkendali.

Mal tersebut akan menempati area seluas delapan juta kaki persegi, diatasnya akan dibuat kubah kaca dan pada waktu musim dingin, kubah tersebut akan dibuka sehingga pengunjung dapat berbelanja di udara terbuka.

Mal ini akan menarik 180 juta pengunjung setiap tahun dengan luas bangunannya yang mencapai 743.224 meter. Dengan begitu, Dubai Holdings dapat merealisasikan rencananya menjadikan Dubai sebagai pusat pariwisata.

"Proyek ini melengkapi rencana kami untuk mengubah Dubai menjadi pusat budaya, wisata dan pusat ekonomi untuk dua miliar orang yang tinggal di daerah sekitar kami. Kami bertekad untuk mencapai visi kami itu," ujar kepala UEA dan Wakil Presiden UEA Sheikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Minggu (6/7/2014).

"Kami yakin dengan kekuatan ekonomi kita, dan optimistis tentang masa depan negara kami dan memperluas visi kami," sambungnya.

Mall of the World direncanakan akan dibangun dekat Mall of the Emirates yang meruapakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia yang dilengkapi dengan fasilitas indoor ski arena. Dari tempat ini, pengunjung dapat langsung tehubung dengan menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Seperti yang dimuat pada Kompas.com sebelumnya, Dubai saat ini tengah berjuang untuk memulihkan keadaan ekonomi mereka akibat krisis hutang nya tahun 2009. Kota ini juga mendapatkan kritik pedas dari lembaga moneter internasional (IMF) yang menyatakan bahwa Dubai terlalu ambisius dengan proyek-proyek fantastis tersebut sehingga menyebabkan siklus properti Dubai terus meningkat tajam.

 

 

Sumber: property.kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita