184 Sabtu, 05 Juli 2014 | 09:29:18

Gedung Tertinggi di Dunia Alihfungsi Jadi Lahan Semangka

Gedung Tertinggi di Dunia Alihfungsi Jadi Lahan SemangkaChina Daily

China Board Group, pengembang asal Tiongkok pernah bermimpi untuk mematahkan rekor pencakar langit tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa. Tahun lalu, pengembang ini berencana untuk membangun Sky City dengan ketinggian 838 meter atau setara dengan 202 lantai.

Lokasi proyek tersebut berada di kota Changsa, provinsi Hunan. Dirancang sebagai bangunan multifungsi, Sky City akan mencakup hotel dengan daya tampung 1.000 kamar, hunian, rumah sakit, sekolah, dan kantor yang hampir 83 persennya akan digunakan untuk keperluan hunian dengan kapasitas sebesar 17.000 unit.

Selain itu, gedung yang akan menjadi pencakar langit super tinggi ini juga akan dilengkapi dengan 10 rute darurat yang dapat membantu proses evakuasi penghuni hanya dalam waktu 15 menit dan bangunan yang dirancang tahan api hingga tiga jam. Fasilitas lainnya adalah helipad sebanyak 17 unit, enam lapangan basket, 10 lapangan tennis, dan area hijau terbuka.

Namun, beberapa kontroversi menyelimuti Sky City, bahkan sebelum proyek ini dikerjakan konstruksi strukturnya. Mulai dari masalah analisis mengenai dampak lingkungan, lamanya waktu pengerjaan, sampai material bangunan yang “katanya” merupakan bahan prefabrikasi.

Kegiatan pra-konstruksi di situs proyek ini dihentikan setelah pemerintah setempat menagih sang pengembang untuk memenuhi perizinan tambahan pada Agustus tahun lalu. Setelah dihentikan, proyek ini seakan menghilang tanpa kabar lanjutan sampai akhirnya foto-foto proyek yang ditinggalkan tersebut diunggah di situs China Daily.

Lahan yang semula diperuntukkan untuk pembangunan proyek gedung tertinggi itu telah merubah menjadi ladang semangka yang digarap oleh seorang petani setempat. Dari hasil panennya, sang petani telah berhasil menjual sekarung penuh buah semangka ke tetangga-tetangga terdekatnya.

Sampai berita ini akhirnya diturunkan-pun, tidak ada tanda-tanda proyek ini akan kembali dibangun, padahal rencana awalnya, Sky City sudah mulai beroperasi mulai bulan April lalu. Yang dapat dilihat hanya sebuah papan yang mengumumkan bahwa proyek akan kembali dilanjutkan pada 1 Juli 2014.

 

Sumber: China Daily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita