141 Jum'at, 04 Juli 2014 | 10:21:49

Harga Hunian London Kalahkan Rekor 2007

Harga Hunian London Kalahkan Rekor 2007Sherlock BBC

Harga hunian di London melonjak hingga 30 persen di atas rekor pencapaiannya di tahun 2007, sebelum krisis financial global terjadi.

Menurut laporan terbaru dari Nationwide House Price Index, kenaikan pesat tersebut menjadikan harga rata-rata hunian di ibukota Inggris ini menjadi 400.000 poundsterling, atau setara dengan Rp. 8,1 miliar per unitnya.

Dari laporan yang sama, didapat adanya peningkatan harga hunian di bulan Juni sebesar 25 persen dalam satu tahun terakhir. Hal ini diduga merupakan dampak dari kenaikan harga hunian nasional selama 14 bulan berturut-turut.

“Selama 14 bulan terhitung sampai bulan Juni lalu, setiap bulannya harga hunian mengalami kenaikan sebesar 1 persen. Akibatnya, laju pertumbuhan harga tahunan juga ikut melonjak dari bulan sebelumnya yang hanya sebesar 11,1 persen, pada bulan Juni mencapai 11,8 persen.” Ujar Robert Gardner, Kepala Ekonomi Nationwide.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa peraturan baru tentang pinjaman untuk pembelian hunian tidak akan memengaruhi transaksi pembelian, karena peraturan tersebut hanya berupa batasan pagu pinjaman yang jumlahnya sebesar 15 persen dari pendapatan.

Surga bagi para investor
Naiknya harga properti di London menjadikan kota tersebut surge dan ladang investasi yang sangat menggoda untuk orang-orang kaya dan investor asing. Jadi tak heran jika banyak dari mereka yang telah dan tengah mengincar properti di London sebagai intrumen investasi mereka.

Boris Johnson, wali kota London mengatakan bahwa harga properti yang tinggi di London menjadikan kota tersebut jawaban yang tepat untuk para investor asing asal Amerika Serikat atau negara lainnya di Eropa.
“Masuknya para orang-orang kaya dan investor asing akan membuat harga properti di London lebih melejit lagi.” Katanya.

Harga hunian di 17 wilayah dari total 32 wilayah yang ada di London, mencapai harga di atas rata-rata terhitung pada bulan Juni lalu. Bahkan, dari 17 wilayah tersebut, 4 diantaranya mencapai nilai rata-rata lebih dari 1 juta poundsterling atau setara dengan Rp. 20 miliar. Sedangkan Chelsea dan Kensington, wilayah-wilayah dengan harga hunian tertinggi di seluruh Inggris Raya, harga rata-rata huniannya kini mencapai 2,380 poundsterling atau setara dengan Rp. 47,7 miliar.

Boris lantas menambahkan, “London telah mengubah filosofis dan budaya Unie Eropa. London sebenarnya merupakan tempat tujuan semua orang, dan tempat yang cocok untuk berkumpul. Inggris perlu mengubah sikapnya terhadap para orang kaya dan investor asing ini.”

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita