119 Kamis, 03 Juli 2014 | 10:21:39

Piala Dunia Buat Brazil Makin Diminati Investor

Piala Dunia Buat Brazil Makin Diminati InvestorPure Travel

Berkat Piala Dunia FIFA 2014, semua mata kita tertuju pada Brazil. Tidak hanya mata para pencinta bola atau travelling, namun ternyata ajang olahraga ini juga membuat para investor asing jatuh hati pada Brazil.

Menurut hasil laporan Savills, jika dibandingkan dengan negara berkembang lainnya yang pertumbuhan pasar propertinya pesat, pasar properti di Brazil belum dapat dikatakan “panas”. Paul Tostevin, Associate Director Real Estate International Savills juga mengungkapkan bahwa, “Untuk pasar properti komersial, Brazil mengalami pertumbuhan sekitar 8,5 persen, sementara pasar perumahannya hanya 5,1 persen.”

Namun Tostevin tidak dapat memungkiri bahwa pesta olahraga dunia itu sangat berjasa dalam meningkatkan nilai pasar properti Brazil di mata investor internasional, terutama daerah Rio de Janeiro.

“Bukan sesuatu yang mengagetkan jika Rio de Janeiro kini tumbuh lebih pesat dibandingkan Sao Paulo. Laju pertumbuhan harga hunian tahunan di Rio de Janeiro meloncat tinggi hingga ke angka 40 persen pada tahun 2010, namun di 2013 melambat menjadi hanya 15 persen.” Ujarnya.

Meskipun Sao Paulo merupakan pusat keuangan Brazil, kota ini tidak semenarik Rio de Janeiro yang kini dinilai berpotensi untuk menjadi distrik keuangan utama. Beberapa perusaahan multinasional bahkan telah berbasis di sana.

Selain menawarkan potensi investasi keuangan yang bagus, Rio de Janeiro juga merupakan basis bagi sebagian besar perusahaan minyak dan gas, hiburan, media, dan organisasi telekomunikasi. Nilai sewa perkantorannya terus tumbuh pesat sebesar 37 persen pada periode 2010 sampai 2011. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus berlanjung seiring dengan berlangsungnya Piala Dunia FIFA 2014.

Luxury Estate bahkan berani mengemukakan bahwa Rio de Janeiro kini merupakan tempat terpopuler untuk investor properti internasional, diikuti oleh Sao Paulo.  Banyak investor asing yang memutuskan untuk berinvestasi di Rio karena tergoda dengan pembangunan infrastruktur seiring dengan berlangsungnya Piala Dunia 2014 yang akan segera diikuti oleh Olimpiade 2016. Dua ajang olahraga ini dinilai akan memicu pertumbuhan modal properti yang semakin menjanjikan.

Jumlah pembeli asing terus meningkat, sebanyak 7 persen peningkatan dapat dilihat dari pembeli asal Amerika, Italia sebanyak 5 persen, Spanyol 3 persen, Prancis 6 persen, Jerman 4 persen, Rusia 1 persen, dan Portugal dan Inggris yang masing-masing sebesar 2 persen.

 

Sumber: Property Wire

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita