78 Rabu, 02 Juli 2014 | 10:28:57

Sejak 2005, Penjualan Hunian Baru di Beijing Menurun

Sejak 2005, Penjualan Hunian Baru di Beijing MenurunForeign Service Reality

Angka penjualan rumah baru di Tiongkok, khususnya Beijing, mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga ke posisi terendah sejak tahun 2005. Hal ini semakin menguatkan fakta bahwa pasar properti di negeri tersebut memang sedang memburuk. Laporan dari Centaline Property Agency menunjukkan bahwa hingga bulan Juni lalu, sebanyak 22,782 unit rumah dengan total luas 2,75 meter persegi terjual dengan harga rata-rata permeter persegi senilai 26.687 yuan (setara dengan 4,300 dollar AS). Ini menunjukkan adanya peningkatan dibanding periode yang sama tahun lalu yakni sebesar 18,8 persen.

Buruknya angka penjualan rumah ini rupanya juga mempengaruhi jumlah persediaan hunian di Beijing yang terus bertambah. Jumlahnya, termasuk aset dalam pembangunannya, berada di posisi tertinggi dalam kurun waktu 18 bulan terakhir. Begitu juga dengan pembangunan properti baru yang telah meningkat selama semester pertama tahun ini, sebesar 70 persen dari tahun sebelumnya.

Karena longgarnya peraturan Komisi Perumahan dan Oembangunan Perkotaan-Pedesaan, stok  perumahan mewah akan terus meningkat dalam bulan-bulan mendatan. Sejauh ini, sebanyak 30 persen dari total pasar yang akan mencapai bulan depan merupakan angka persediaan perumahan mewah.

Regulasi yang longgar ini akan memberikan dampak yang walaupun tidak banyak, akan membantu pasar perumahan yang melemah ini untuk kembali menguat. Kebijakan pengetatan moneter dinilai ikut ambil andil dalam melemahnya sektor properti negara ini.

Kebijakan pelonggaran pada pembelian perumahan mewah akan memiliki dampak yang terbatas untuk memanaskan kembali  pasar perumahan yang sudah melesu terutama dengan kebijakan pengetatan moneter. Rata-rata harga perumahan akan mulai turun, namun, seperti proyek perumahan mewah, pembeli rumah pertama akan  tetap membanjiri pasar.

 

Sumber: Vibiz Newz

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita