128 Rabu, 02 Juli 2014 | 09:49:32

Meski Turun, Harga Hunian Singapura Masih Termahal

Meski Turun, Harga Hunian Singapura Masih TermahalProperty Finest

Selama tiga kuartal berturut-turut, harga hunian di Singapura bolak-balik mengalami penurunan, ini merupakan rentetan penurunan terpanjang dalam lima tahun terakhir. Penurunan ini dinilai merupakan dampak dari pengetatan aturan untuk pasar properti  termahal kedua di Asia ini.

Menurut indeks harga perumahan swasta yang dirilis oleh Urban Redevelopment Authority (URA) Selasa kemarin, hingga Senin lalu sebesar 1,1 persen harga hunian di Singapura turun dalam tiga bulan ini, menjadi hanya 209,3 poin. Angka ini seperti susul-menyusul dengan penurunan di kuartal sebelumnya. yakni sebesar 1,3 persen.

Karena pemerintah Singapura tengah memperluas gerakan “pendinginan” harga yang telah dimulai sejak 2009 lalu, penurunan harga hunian di Singapura dinilai justru akan semakin merosot. Chesterton Singapore Pte, sebuah konsultan real-estate di Singapura bahkan memprediksi tahun ini penurunan harga akan mencapai 8 persen.

Singapura memang telah membatasi jumlah kredit individu dan pinjaman pada bulan Juni lalu, salah satu langkah yang dilakukan untuk pencapaian tersebut adalah dengan menerapkan pajak baru dan uang muka yang lebih mahal.

“Harga moderaasi pada kuartal terakhir ini lebih rendah dari yang diharapkan,” ujar Managing Director Chesterton Singapore Pte, Donald Han.

"Walaupun jumlah penjualan merosot drastis sejak dicanangkannya pengurangan nilai pinjaman tahun lalu, hal ini merupakan perbaikan yang sehat,” imbuhnya.

 

Nilai jual yang merosot

Menurut laporan Urban Redevelopment Authority (URA), tidak hanya hunian, harga apartemen juga dikabarkan menurun hingga 1,5 persen pada kuartal kedua lalu setelah merosot sebesar 1,1 persen di kuartal sebelumnya. Pinggiran kota merupakan daerah yang harga jualnya paling jatuh, yakni sebesar 1,1 persen, padahal pada kuartal sebelumnya, daerah ini hanya mengalami penurunan 0,1 persen. Sementara apartemen di daerah-daerah dekat distrik utama hanya mengalami penurunan yang kecil, yakni sebesar 0,6 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang sebesar 3,3 persen.

Pada Juni tahun lalu, Otoritas Keuangan Singapura mengemukakan bahwa dalam aturan pinjaman yang baru, pemerintah tidak akan membiarkan rasio total pinjaman nasabah melebihi 60 persen. Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, bahwa pertumbuhan KPR di bulan Mei yang sebesar 7,6 persen merupakan kedua terlambat sejak Juni 2007.

Menurut pendapat Kwek Leng Beng, Ketua Eksekutif City Developments Ltd, perusahaan pengembang terbesar kedua di negara itu, Singapura akan kehilangan daya saingnya sebagai tujuan investasi jika pemerintah tidak melakukan langkah-langkah pendinginan tersebut.

Hasil laporan menunjukkan bahwa pada tahun 2013 lalu, kenaikan harga rumah hanya naik sebesar 1,1 persen, lebih rendah dibanding kenaikan di tahun 2012 yang sebesar 2,8 persen. Jumlah tersebut menjadi kenaikan harga tahunan terendah sejak tahun 2008, dimana harga mengalami penurunan hingga 4,7 persen. Pada bulam Mei lalu, penjualan hunian di Singapura naik dari 749 unit di bulan April, mennadi 1,470. Sementara itu, pPenjualan unit hunian baru swasta mungkin akan menurun menjadi antara 10.000 dan 12.000 unit tahun ini dari sekitar 16.000 unit tahun lalu.

Menurut laporan kekayaan tahunan broker property Knight Frank LLP, Singapura sampai saat ini masih merupakan kota paling mahal untuk membeli sebuah rumah mewah di Asia setelah Hong Kong.

 

Sumber: Bloomberg

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita