100 Senin, 30 Juni 2014 | 13:51:44

AIA Siap Ubah Kota Jadi Lebih Baik

AIA Siap Ubah Kota Jadi Lebih BaikAIA Organization

Kamis kemarin, pertemuan tahunan The American Institute of Architechts (AIA) kembali di gelar di Chicago, Amerika Serikat. Di dalam pertemuan tersebut, Rahm Emmanuel, Wali Kota Chicago, mengungkapkan betapa pentingnya untuk memikirkan kembali ruang dan tata kota.


Tidak hanya menjelaskannya secara konsep, Emmanuel juga telah membuktikan usahanya. Di pertemuan itu, Emmanuel yang berperan sebagai tuan rumah bersikeras dan yakin bahwa arsitektur memiliki peran yang sangat besar untuk mengubah tatanan kota.


"Sebagai salah satu kota di Amerika Serikat, kami benar-benar akan memanfaatkan kinerja arsitek dan perencanaan kota untuk memikirkan kota Amerika yang baru dan lebih baik,” imbuhnya.


Helene Combs Dreiling, Presiden AIA, juga memperkenalkan Emmanuel sebagai pendukung inovasi arsitektural yang antusias, dan gerakan inovasi ini akan terus berlanjut. Buktinya, Wali Kota Chicago ini mengumumkan bahwa dia akan meluncurkan acara arsitektural dua tahunan Chicago yang baru.


"Pertemuan arsitektural dua tahunan di Chicago akan membahas mengenai pemikiran kota modern," ujarnya.
Sambil terus berpidato, Emmanuel juga mengungkapkan bahwa pertemuan semacam ini juga dapat memberikan pemasukan tersendiri dari hasil belanja para turis yang datang. Di dalam pidatonya itu, Emmanuel juga menyinggung usaha kota untuk menyediakan sarana transporasi yang lebih baik.


Dia mengakui bahwa pihaknya memang membutuhkan proses untuk memperbaiki sarana transportasi kota. Walaupun tahun lalu Chicago terpaksa menutup beberapa jalur terpadat, kini publik dapat menikmati layanan transportasi yang tidak hanya lebih baik, namun juga lebih cantik.


Kini, setiap stasiun baru dihiasi oleh karya seni yang menceritakan tentang lingkungan di sekitar stasiun. Salah satu karya yang merupakan buah tangan dari Theaster Gates dapat ditemukan di Stasiun 95th street.


"Dulu, pola pikir yang tersebar di Chicago adalah mengendarai sepeda akan lebih cepat daripada menggunakan kereta,” ujarnya. Sekarang, menggunakan kereta pada jalur Red Line yang baru dapat lebih cepat, karena kecepatan kereta mencapai 55 mil per jam, atau sekitar 88,5 km per jam.


Emanuel juga mengungkapkan bahwa orang-orang banyak yang kembali menetap di kota. Dengan begini, kota memiliki tanggung jawab untuk menyediakan tempat tinggal yang nyaman, berkelanjutan, dan enak dipandang mata. Hal-hal baik itu seharusnya terjadi di seluruh kota, dan bukan hanya di pusat kota saja, namun juga di semua sudut kota.


"Ide penataan kembali tata ruang kota merupakan hal penting bagi Chicago saat ini. Orang-orang kini kembali bermigrasi ke kota, dan kita sekali lagi berada pada pusat pemikiran bahwa kota harus dapat ditinggali dengan nyaman, berkelanjutan, dan cantik. Tidak hanya pusat kota, karena kami sudah punya pusat kota yang luar biasa, tapi juga apa yang terjadi di lingkungan kami," tutupnya.


Sumber: Fast Code Sign

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita