109 Rabu, 25 Juni 2014 | 09:42:10

Hongkong: Pasar Properti Mulai Panas

Hongkong: Pasar Properti Mulai PanasGlobal Photos Org

Pasar properti Hongkong mulai “memanas” dengan transaksi propertinya yang mulai aktif. Hal ini ditandai dengan banyak digelarnya penjualan beberapa flat mewah. Sebanyak 7.464 flat mewah baru di Grand Austin, Mayfair, City Point, dan The Long Beach habis terjual. Para pengamat properti berpendapat bahwa transaksi yang meningkat tersebut didorong oleh faktor melonggarnya aturan ketat soal transaksi properti yang berlangsung selama dua tahun terakhir.


Pakar ekonomi asal Hongkong, Andy Kwan Cheuk-chiu mengatakan, “Keputusan pemerintah untuk melonggarkan aturan ketat yang memaksa pembeli rumah kedua untuk membayar bea meterai telah mendorong penjualan properti baru dan seken kembali aktif.”


Harga jual flat-flat mewah tersebut per unitnya mencapai 12,590 juta dollar HK, yang setara dengan Rp 19,4 miliar, hingga 41 juta dollar HK, yang setara dengan Rp. 63,3 miliar. Sebanyak Rp. 5,7 triliun diberikan sebagai wujud kontribusi kepada para pengembang, yakni New World dan Wheelock Properties.


Sammy Po Siu-ming, salah satu agen penjual yang juga Kepala Eksekutif Midland Realty mengungkapkan bahwa sekitar 40% dari klien mereka membeli flat di Grand Austin untuk tujuan investasi, sementara sisanya untuk penggunaan pribadi. Menariknya lagi, 10 persen dari pembeli tersebut adalah warga Tiongkok daratan.
Sammy melanjutkan, bahwa “Investor yang membeli di Mayfair berjumlah sebanyak 20 persen. Ini kemungkinan karena flat-flat tersebut dekat dengan stasiun MRT Kowloon, sehingga para investor optimistis propertinya akan tersewa,"


Dia juga mengimbuhkan bahwa para investor tersebut dapat melihat kestabilan harga hunian yang mereka beli, bahkan jika pendinginan kembali diberlakukan. Secara umum, industri properti masih menawarkan hasil investasi yang baik, menjanjikan, dan mampu menari kembali minat para investor.
Peristiwa bangkitnya pasar property Hongkong ini mendorong Wheelock Properties meluncurkan sebanyak 691 flat baru. Sementara itu, Mayfair berencana akan merilis sebanyak 220 flat dengan harga per meter persegi sebesar 14.300 dollar HK.

"Pembeli tidak lagi khawatir tentang langkah-langkah pendinginan dari pemerintah, karena mereka melihat bahwa harga properti tidak akan turun secara signifikan, bahkan saat langkah-langkah pendinginan kembali diberlakukan. Keputusan pemerintah ini membuat sektor properti menemukan momentumnya setelah sekian tahun terpendam," ujar Kwan.


Sumber:
SCMP

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita