185 Jum'at, 20 Juni 2014 | 14:54:40

Di Situs WTC Akan Dibagun Mall Mewah

Di Situs WTC Akan Dibagun Mall Mewah   Reuters

Dunia pasti belum, dan tidak akan lupa akan peristiwa Black September pada tahun 2011 silam yang meruntuhkan menara kembara World Trade Center (WTC) di New York, AS. Meskipun trauma yang ada masih sangat melekat pada warga New York, ini tidak berarti mereka gentar dan enggan untuk terus berkembang. Hal ini dibuktikan oleh Westfield, pengembang pusat perbelanjaan asal Australia.

Westfield sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan mall yang mewah tepat di atas situs tersebut. Bekerjasama dengan Port Authority of New York dan New Jersey, mall ini memiliki nilai investasi sebesar 1,4 miliar dolar AS.

Mall mewah ini, Westfield at WTC, adalah bagian dari proyek pengembangan kembali menara kembar WTC yang telah dimulai sejak tahun 2012. Keterlibatan Wesfield ini bisa dibilang untuk merealisasikan kontrak lamanya, yaitu kontrak 99 tahun pengeloaan ruang ritel di bagian dasar gedung tersebut. Westfield juga sudah memiliki sebuah kantor di menara selatan, dan salah satu direktur mereka menjadi korban serangan teroris itu.

Selain melayani penghuni WTC, mall ini juga ditujukan untuk melayani wisatawan yang berkunjung ke The National September 11 Memorial Park and Museum di lokasi yang sama. WTC juga dapat diakses oleh komuter karena situs ini akan tersambung dengan WTC Transportation Hub, stasiun bawah tanah dengan 13 rute ke dan dari Lower Manhattan, sebutan daerah di mana WTC ini berada. Stasiun ini melayani lebih dari 200 ribu orang per hari.

Mall yang memiliki luas 31.500 m2 ini memiliki lima lantai. Oculus, Dua lantai dibangun di bawah tanah, menjadi bagian the Oculus, sebutan WTC Transportation Hub, dibangun dua lantai di bawah tanah. Stasiun bawah tanah ini mengacu pada bentuk atap yang berdesain iconic, hasil rancangan Santiago Calatrava yang akan membentang dari South Gallery hingga Liberty dan Church Street. Tiga lantai lainnya menjadi bagian podium menara 4 WTC. Nantinya, ketiga lantai ini juga akan menyambung hingga menara 3. Namun pembangunan menara 3 harus ditunda karena kekurangan dana. Biaya pembangunan kembali situs WTC ini membengkak dari anggaran semula 3,8 miliar dollar AS menjadi 14,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp. 175 triliun.

Gerai-gerai yang dapat ditemui di Soho Prince Street dan Madison Avenue juga dapat ditemui di lantai utama The Oculus. Sementara balcony area nya akan diisi oleh toko-toko dengan konsep cutting-edge seperti yang ada di Mercer, Greene, Wooster Street dan the Bowery. Dengan sasaran pasar yang lebih lebar, Westfield optimis mall ini akan mempunyai tenants mixed yang berbeda dengan Brookfield Place’s, pusat perbelanjaan yang berlokasi tepat disebrangnya dan menyasar kelas hi-end.

80% dari 150 peritel dengan international brands diumukan sudah menandatangani kontrak pada hari Senin lalu. Diantaranya Turnbull & Asser, perancang pakaian khusus pria yang menjadi pilihan para bintang film James Bond, dan desainer sepatu Stuart Weitzman. Tidak ketinggalan juga Apple Inc., Michael Kors Holdings Ltd., Kate Spade New York, The Kooples, MAC dan Bobbi Brown. Eataly, perusahaan penyedia makanan Italia dan wine ternama, disebut-sebut juga bersiap masuk ke daftar ini.

Dengan tarifnya yang berkisar 4.400-5.500 dollar AS/m2 nya, The Oculus menjadi area perbelanjaan termahal yang ada di AS. Tarif ini lebih rendah dari tarif sebelum WTC hancur, yang diproyeksikan dapat mencapai 10 ribu dolar AS/m2. Walau disebut masih cukup kompetitif, mengingat sejarah lokasinya, namun tarif sewa ini lebih tinggi dari tarif sewa ruang ritel di bagian lain New York. Menurut konsultan CBRE Group Inc., tarif sewa di Broadway dan di koridor Battery Park sampai Chambers Street hanya mencapai 3.000 dolar AS/m2.

 

Sumber: Reuters

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita