216 Jum'at, 20 Juni 2014 | 11:06:53

Theme Park 202 Ha Akan Dibangun Dekat KLIA, Malaysia

Theme Park 202 Ha Akan Dibangun Dekat KLIA, MalaysiaKLIA Aeropolis

MAHB, atau Malaysia Airport Holding Bhd, telah merencanakan untuk mengalihkan kegunaan lahan perkebunan kelapa sawit di dekat terminal utama KLIA (Kuala Lumpur International Airport) untuk dijadikan area kreasi. Selain theme park, MAHB juga akan membangun lapangan golf untuk menarik perhatian pebisnis dan investor.


Mitsui Fudosan Co, sebuah pengembang besar di Jepang telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan factory outlet lokal di Malaysia untuk membuka gerainya di sana tahun depan. Chief Financial Officer MAHB, Faizal Mansor berpendapat, “Dengan sudah menjamurnya pengembangan permukiman-permukiman baru di dekat bandara, pertumbuhan KLIA Aeropolis akan semakin cepat,” kata Faizal Mansor, Chief Financial Officer MAHB.

Sejauh ini, MAHB telah menguasai sekitar 9.000 ha lahan di Sepang. Selain bandara internasional, sirkuit Formula 1 juga tersedia di area ini. “Saya tidak melihat bandara lain di manapun di dunia yang memiliki land bank seluas yang kami punya,” ujar Faizal. Seiring dengan pengembangan yang tengah dilakukan, kawasan ini perlahan berevolusi dari sekedar terminal penerbangan, menjadi satu destinasti pariwisata tersendiri.

Lebih dari 121 ha menjadi area pengembangan KLIA Aeropolis untuk logistik dan kargo, 202 ha untuk theme park, dan 40 ha untuk area perkantoran. Rencananya, untuk menyusul pindahnya kantor pusat maskapai Air Asia dari terminal penerbangan tersebut, bekas lahan budget terminal akan disulap untuk menjadi logistic hub sebagai fasilitas kargo. MAHB berharap, dengan dilaksanakannya pembangunan ini, Malaysia dapat menjadi pusat kargo Asia selain Singapura dan Bangkok. “Kalau ini terwujud, Malaysia akan berperan lebih besar dalam pasar kargo udara,” ungkap Senior General Manager Perencanaan MAHB, Khair Mirza.

Dikutip dari hasil wawancanra Bernama dengan Aireen Omar, Chief Executive Officer Air Asia, awal Juni lalu, mulai bulan depan, maskapai itu akan memulai membangun kantor pusatnya di gedung budget terminal. Pembangunan ini rencananya akan selesai pada 2015.

Faizal optimis bahwa lalu lintas udara penumpang KLIA akan mengalahkan Changi, Singapura dal;am 2-3 tahun ke depan, hal ini mengacu pada meningkatnya jumlah penumpang pada saat ini. Tahun lalu, KLIA menangani 47,5 juta penumpang, sementara Changi 53,7 juta orang. “Kami memperkirakan lalu lintas penumpang KLIA di tahun ini akan tumbuh 10%,” imbuhnya.


Sumber: The Star Online

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita