110 Selasa, 17 Juni 2014 | 15:20:30

Soar Raih Observer Ethical Awards

Soar Raih Observer Ethical Awards

Lancaster CoHousing yang ada di Kota Lancaster, Inggris mendapat penghargaan Observer Ethical Awards. Penghargaan ini ditujukan untuk mereka yang dinilai menginspirasi lingkungan sekitarnya , baik lingkungan secara lokal maupun global. Media besar ini juga menyebutnya sebagai green hero. Penghargaan ini didapatkan oleh Jon Soar karena konsepnya mengenai hunian yang unik.


Hunian Soar ini dibangun di atas lahan seluas 3,6 hektar yang berisi 41 rumah. Tepatnya hunian ini berada di Halton Mill, sekitar 4,8 kili meter dari pusat kota. Hunian ini terdiri dari 4 tipe rumah, yaitu 1 bed flat (termasuk tipe loft, ukuran 40 – 55 m2), 2 bed house (2 lantai, berukuran 65 m2) dan 3 bed house (2 lantai, seluas 81 – 98 m2). Tipe besar ini dilengkapi dengan area privat dan juga memiliki dapur serta ruang keluarga, tetapi kebanyakan lebih memilih rumah dengan tipe kecil.


Hunian ini berada di dekat aliran sungai Lune yang jernih dan di sekelilingnya masih terdapat pepohonan yang asri dan rimbun. Lancaster CoHousing dilengkapi dengan aula serbaguna yang dijadikan tempat untuk bersosialisasi sesama tetangga, berdiskusi hingga berbagi sajian makanan. Hal ini membuat Lancaster CoHousing semakin unik. Pada aula ini juga tersedia area kerja, tempat bermain anak, dapur, serta ruang cuci yang dilengkapi beberapa mesin cuci.


Nyatanya tak hanya berada di lingkungan yang asri, hunian ini juga memiliki desain bangunan yang sangat efisien.  Seperti sumber energi yang didapat melalui cahaya matahari oleh karena itu, seluruh atap bangunan terdapat solar cell. Hunian ini juga berbagi sumber energi dengan desa tetangga hingga mampu membangkitkan daya untuk 300 rumah. Selain itu, hasil penjualan listriknya digunakan sebagai sumber dana untuk proyek-proyek pendukung komunitas ini.


Dalam membangun lingkungan ini, Soar sendiri bertindak sebagai pengembang dan ekolog. Soar menilai, dirinya enggan bekerja sama dengan pengembang karena mereka kerap berlaku curang dalam memainkan harga tanah yang digarap.


Begitu banyak manfaat yang ditawarkan dalam lingkungan co-housing milik Soar ini, di antaranya bisa saling mengenal dan mempercayai tetangga, komunitas juga bisa berbagi energi yang terbarukan dan tanpa perlu menjualnya dengan murah. Namun, begitu banyak pertemuan di setiap keputusan yang diambil melalui rapat perhimpunan penghuni, dianggap menjadi sesuatu yang kurang nyaman.


Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita