107 Senin, 16 Juni 2014 | 11:17:40

Peluang Indonesia di Arab Saudi

Peluang Indonesia di Arab SaudiEmirates 247

Perkembangan sektor konstruksi di Arab Saudi memang tak diragukan lagi. Lihat saja Jeddah, kota yang banyak memasang pemandangan gedung-gedung perkantoran dan aparteman yang menjulang tinggi. Ditambah lagi, Arab Saudi akan melakukan pembangunan kota secara besar-besaran dalam lima tahun ke depan. Pembangunan ini akan dilakukan di luar dari kota-kota utama di Arab Saudi, seperti  Mekkah, Riyadh, Jeddah, dan Madinah.


Proyek besar milik Arab Saudi ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk mendapatkan peluang proyek konstruksi. Setidaknya Indonesia bisa terlibat dalam proyek besar itu, misalnya dalam pengadaan bahan baku dan furnitur, planning and design, engineering consultant bahkan sebagai kontraktor  atau supplier.


“Pemerintah Arab Saudi belum punya masterplan untuk pengembangan kota-kota barunya,  ini kesempatan sangat besar untuk pelaku usaha di Indonesia,” ujar Hediyanto W. Husaini, Kepala Badan Pembina (BP) Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum (PU).


Untuk memaksimalkan peluang ini, Indonesia perlu membentuk konsorsium perusahan konstruksi Indonesia (Indonesia Incorporated). Karena selama ini, pelaku jasa konstruksi di Indonesia yang berkiprah di luar negeri, masih bekerja sendiri-sendiri sehingga tidak tergarap peluang yang maksimal.


Selain proyek-proyek tersebut, Arab Saudi akan mengembangkan proyek strategis, The Six Economic City 2010-2020 dengan anggaran dana 87,8 miliar dollar AS. Belum lagi rencana proyek di tiga tahun mendatang (2015-2017) yang memiliki nilai 195,4 miliar dollar AS. Di sektor konstruksi sendiri, pemerintah Arab Saudi rencananya akan melelang pekerjaan konstruksi dengan total nilai 75,6 miliar dollar AS. Banyak peluang yang bisa diraih Indonseia di pasar konstruksi Arab Saudi.


Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita