167 Kamis, 12 Juni 2014 | 12:14:33

Alih Fungsi Bangunan Marak di Sydney

Alih Fungsi Bangunan Marak di Sydney

Bangunan pada umumnya digunakan berdasarkan fungsi awal pembuatan bangunan tersebut. Contohnya saja, pembangunan perumahan yang memang mengambil fungsi sebagai tempat hunian atau tempat tinggal. Atau bangunan perkantoran yang sengaja dibuat untuk aktivitas bekerja. Lain halnya dengan Australia, terutama di Sydney yang kini sedang marak mengalihfungsikan bangunan dari rencana awal.


Alih fungsi ini sudah hampir terjadi dalam 5 tahun terakhir. Ruang-ruang kantor kini beralih fungsi menjadi rumah residensial. Hal ini bahkan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Faktor perubahan fungsi ini karena kurangnya pasokan rumah di pusat kota metropolitan Sydney. Selain itu, meningkatnya suku bunga KPR rendah, kemudian meningkatnya ruang kosong di gedung grade B. Sebab lainnya adalah banyak orang asing yang menginginkan rumah di Sydney.


Permintaan rumah yang meningkat juga tidak diimbangi dengan ketersediaan residensial di Sydney. Saat ini saja permintaan sudah mencapai 122.900 unit, sedangkan Sydney hanya bisa memasok 79.500 unit. Ada jarak yang cukup jauh untuk bisa mengimbangi permintaan residensial ini. Hasil survey yang dilansir NAB mengenai masalah tersebut, tercatat adanya kenaikan permintaan rumah baru sebesar 14% untuk kuartal I 2014. Bahkan peminat rumah seken pun mengalami peningkatan hingga 10%.


Para investor lebih menginginkan ruang perkantoran di grade A, tetapi nyatanya tidak tersedia. Sementara permintaan di ruang kantor sektor B melemah. Hal ini mengakibatkan imbal hasil dari tarif sewa gedung grade A dan B semakin lebar.


Selain di perkantoran, alih fungsi juga terjadi di bangunan pabrik. Hal ini terbukti dengan alih fungsinya gudang dan ruang pamer Advan Properties yang dijadikan hunian senilai 4,5 juta dolar Australia. Ada juga Chubbyelf  Pte Ltd yang mengubah gudang di Doody Street, Alexandria, menjadi proyek residensial bernilai 3,2 juta dolar Australia.


Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita