398 Selasa, 20 Mei 2014 | 15:15:49

Simak, Urutan Gedung Termewah Dunia

Simak, Urutan Gedung Termewah Dunia

Skyscaper Award merupakan penghargaan yang diberikan Emporis bagi gedung pencakar langit terbaik. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh gedung pencakar langit agar layak masuk nominasi , yaitu harus memiliki tinggi minimal 100 meter dan punya kelebihan dari segi tata letak, struktur dan fungsi bangunan, serta desain inovatif.

Berikut daftar 3 urutan teratas Skyscaper Award.

The Shard, London, Inggris
Gedung ini keluar sebagai pemenang Skyscaper Award. Gedung ini tidak hanya dianggap unggul dalam desain serta fungsi bangunan namun juga ramah lingkungan, dengan memaksimalkan sudut pencahayaan di siang hari.

“The Shard terpilih karena gedung tersebut didirikan di lingkungan yang padat bangunan, sehingga membangunnya membutuhkan perencanaan rumit,” tutur juru bicara Emporis.

The Shard menjadi landmark baru kota London karena struktur gedung yang didominasi kaca ini memberikan refleksi cahaya indah di malam hari.

Renzo Piano Building Workshop dan Adamson Associates International, firma arsitektur yang merancang The Shard juga menambahkan winter garden alias taman dalam ruang yang difasilitasi ventilasi alami di tiap sudut gedung untuk menunjang tampilan gedung yang ramah lingkungan ini.

DC Tower 1, Vienna
Dominique Perrault Architecture, merancang gedung dengan dtruktur bangunan menyerupai  lego dengan garis-garis bersudut di bagian tengah menjadi ekspresi desain tersendiri, terlebih saat sudut-sudut tersebut memantulkan cahaya ke arah danau yang terletak di depan gedung.

Sheraton Huzhou Hot Spring Resort, di Danau Tai dekat Shanghai, Tiongkok.
Gedung ini mempunyai julukan baru yaitu The Donut karena bentuknya yang menyerupai setengah lingkaran

" Desainnya sangat berani dan inspiratif,” tulis Emporis.

Peringkat 10 besar penghargaan ini diraih oleh lima gedung asal Eropa, empat berasal dari Asia, termasuk Tiongkok dan Singapura, serta satu dari Australia.

Sumber : CNN

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita