187 Sabtu, 03 Mei 2014 | 14:20:43

Peran Penting Desain Bagi Masyarakat

Peran Penting Desain Bagi Masyarakat

Michael Bloomberg , mantan Wali Kota New York City, Amerika Serikat, menyatakan bahwa desain arsitektur berperan terhadap gaya hidup masyarakat. Senada dengan Bloomberg, Joanna Frank, Direktur Eksekutif The Center for Active Design menyatakan bahwa desain komunitas berperan penting dalam kesehatan publik.

The Center for Active Design merupakan  organisasi nirlaba yang didirikan Bloomberg untuk membuat acuan "desain aktif" untuk pembangunan rumah murah dan ruang kantor.

The Center for Active Design menyelenggarakan acara tahunan, "Excellence Awards", untuk memilih proyek inovatif berdesain aktif yang berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat.

Ada 4 desain pemenang "Excellence Awards", yaitu

Sephardic Community Center, Brooklyn, New York
Ini merupakan pemenang satu-satunya yang berlokasi di luar Amerika.  BKSK Architects merenovasi bangunan yang berusia 30 tahun ini untuk memudahkan sinar matahari masuk ke ruangan. Caranya dengan menggunakan dinding kaca di sepanjang tangga untuk menaruh lebih dari 400 foto keluarga yang berimigrasi ke Amerika Serikat

SD & TK Buckingham County, Dillwyn, Virginia
Sekolah yang di pinggir kota ini berusaha menghadapi kasus obesitas pada anak tak hanya dengan menggunakan meja dan kursi yang memaksa anak-anak melakukan gerakan mikro seperti menyandar dan bergeser, namun juga membuat ruang kelas khusus berbentuk dapur, laboratorium makanan, taman berisi sayur-mayur, dan buah-buahan untuk peningkatan akses makanan sehat dan segar bagi anak-anak.

VMDO Architects melengkapi fungsi sekolah ini dengan tangga yang bukan hanya menjadi pilihan utama para pengajar dan anak-anak untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya namun juga memberikan sinar matahari yang cukup ke dalam ruangan.

Blue Hole Regional Park, Wimberley, Texas
Adalah tim dari Design Workshop, Inc yang mewujudkan taman yang tadinya berfungsi sebagai tempat berenang alami ini menjadi taman regional.

Kesuksesan tim untuk menyeimbangkan lingkungan dengan penggunaan rekreasional terbukti dari  96 persen area terlindungi dari perkembangan serta penambahan 29.728 meter persegi taman bermain, lapangan, dan area berkemah.

Greenbridge Master Plan, King County, Washington
Proyek yang berlokasi di Seattle ini merupakan proyek revitalisasi hunian murah di atas lahan seluas 40,5 hektar.

Tidak hanya mengubah rumah tinggal tunggal menjadi lingkungan multi-fungsi (mixed-use), proyek ini juga menbangun jalur pagi pejalan kaki yang dihiasi dengan berbagai karya seni sehingga bisa dimanfaatkan juga untuk berkumpulnya suatu komunitas.

Sumber : Fastcoexist

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita