83 Kamis, 03 April 2014 | 09:21:12

'Minou yaki' di Gedung 'Maison de la Cultur du Japon a Paris'

'Minou yaki' di Gedung 'Maison de la Cultur du Japon a Paris'

Archiee, studio arsitektur berbasis di Paris, telah menutupi fasad gedung 'Maison de la Cultur du Japon a Paris' dengan karya seni terpadu dari keramik Jepang. Instalasi seni keramik ini merupakan proyek pertama yang dibuat Archiee untuk majalah Discover Japan, sebuah majalah Jepang yang fokus pada budaya dan tradisi lokal. Hadirnya instalasi keramik khas Jepang itu dimaksudkan untuk membantu promosi butik yang baru diluncurkan di Paris.

Desainnya berupa rekonstruksi lanskap yang dibuat di meja makan ala Jepang, yaitu meja dengan wadah hidangan keramik yang disebut minou yaki.

Fasad setinggi 6 meter pada bangunan itu tersembunyi oleh permukaan kain dengan 282 minou yaki yang terintegrasi ke dalamnya. Orang akan melihatnya seolah-olah itu sebuah meja besar yang berdiri secara vertikal. Potongan kain ini memberikan kesan bahwa fasad tersebut tampil mengambang.

Pola yang diciptakan berdasarkan distribusi hidangan tersebut didasarkan pada esensi dari meja makan khas Jepang. Di Perancis dan lebih umum pada masakan ala barat, biasanya orang menyajikan berbagai jenis makanan di piring tunggal. Tetapi, kebiasaan orang Jepang adalah menyajikan makanan dari banyak piring berbeda dengan masing-masing berisi hanya satu jenis makanan.

Bisa dikatakan, tata letak meja makan ala Perancis mampu mengikuti perintah yang jelas dan indah. Sementara itu, pada versi Jepang muncul kesan "kacau". Pasalnya, komposisi sajian terbuat dari peralatan makan yang memiliki ukuran berbeda, bentuk, dan warna berbeda-beda, tetapi memiliki logika.

Tentu saja, semua itu untuk menceritakan tentang makanan, pengaturan di meja makan, serta sosok yang menyajikan makanannya. Perbedaan tersebut menjadi lebih jelas bila dilihat dari atas, dengan cara melawan gravitasi secara vertikal untuk elemen yang biasanya tersaji secara horisontal dan menghubungkan dua budaya; Jepang dan Perancis.


Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Designboom

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita