257 Kamis, 03 April 2014 | 09:12:03

Konsep Rumah Mungil Hadir di Australia

Konsep Rumah Mungil Hadir di Australia

Panel besi bergelombang berwarna hitam menyelimuti eksterior rumah mungil di sisi sebuah danau di daerah pedesaan Victoria, Australia. Kabin kayu mungil bernama Pump House itu rupanya buah tangan studio arsitektur Branch Studio Architects.

Branch Studio Architects semula hanya mendesain bangunan kecil untuk menyimpan pompa dan beberapa perkakas. Barang-barang ini rencananya akan digunakan oleh klien praktik arsitektur tersebut untuk mengolah properti di sekitarnya. Branch Studio Architects juga menyediakan ruang kecil untuk beristirahat. Hal ini disampaikan oleh Nicholas Russo, arsitek dari Branch Studio.

"Pengarahan aslinya adalah untuk (membuat) ruang temporer untuk menyimpan pompa air dan berbagai keperluan perkebunan. Selain itu, juga untuk menyediakan ruang bagi pemiliknya menikmati secangkir teh ketika mereka tiba di tempat ini bersama George, kuda mereka, di akhir pekan," ujar Russo.

Ternyata, hasilnya sungguh berbeda. Alih-alih hanya membuat bangunan sementara yang terkesan kumuh, Russo membuat hunian mungil sederhana, namun cantik dan istimewa di tengah nuansa pedesaan Victoria.

Dilihat dari depan, bangunan ini diselimuti oleh besi bergelombang berwarna hitam. Di dalamnya, rumah ini tampak cerah dengan penggunaan tripleks. Warna dan tekstur tripleks juga dibiarkan menyerupai aslinya.

Perbedaan tersebut bisa dilihat dengan mudah karena bagian muka bangunan ini hanya dilapisi dengan menggunakan kaca. Pemiliknya bisa membuka kaca untuk menikmati udara pedesaan, atau membiarkannya tertutup sembari menikmati pemandangannya.

Kaca yang ada di tampak muka rumah ini menyambungkan ruang terbuka di luar dengan ruang utama di rumah ini. Ruang tersebut berkonsep terbuka yang minim sekat. Di dalamnya terdapat ruang keluarga, dapur, dan perapian.

Melongok lebih dalam lagi, di ruang ini juga terdapat kamar mandi di tengah-tengah volume rumah. Kamar mandi tersebut memisahkan ruang utama dengan studio dan kamar tidur.

Selain cantik, bangunan ini juga istimewa lantaran menggunakan panel solar untuk keperluan listrik terbatas. Bangunan ini juga menampung dan menggunakan kembali air hujan untuk berbagai keperluan.

Editor                : Latief
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Dezeen


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita