84 Rabu, 03 April 2014 | 08:36:18

Eropa Bangkit Kembali

Eropa Bangkit Kembali

Sempat terpukul beberapa waktu lalu, pasar properti Eropa kembali memanas. Terutama di beberapa negara seperti Irlandia dan Mediterania. Demikian disampaikan oleh Willbur Ross, miliarder asal Amerika Serikat (AS).

"Eropa merupakan surganya resor properti. Banyak orang-orang Rusia dan Jerman membeli properti resor di sini," ucapnya, Selasa (1/4/2014).

Harga properti Eropa sempat turun drastis akibat krisis keuangan global dan krisis utang di Eropa. Di Irlandia misalnya, harga perumahan turun hingga 57 persen sepanjang tahun 2007 hingga 2012. Sedangkan di Spanyol nilai real estat juga mengalami penurunan sebesar 23 persen dari tahun 2008 hingga 2012. Properti komersial di Eropa tdak memiliki banyak kelebihan kapasitas seperti di segmen lain dari pasar.

"Di Irlandia,pembeli dapat menemukan bangunan di kota besar yang disewakan dengan tingkat kapitalisasi 7 hingga 7,5 persen. Itu angka yang cukup baik untuk standar Eropa atau global," tambah Ross.

Sempat dilanda krisis keuangan, utang publik Irlandia melonjak dari 25 persen dari produk domestik bruto (PDB) lebih dari 123 persen. Ekonominya mengalami dua resesi dalam lima tahun, dan pengangguran melonjak menjadi 15 persen. Pemerintah memulai drive penghematan yang melihat manfaat kesejahteraan dpangkas dan dilakukan pemangkasan gaji pegawai negeri. Dan akhir tahun lalu, Irlandia secara resmi menjadi negara pertama di zona euro yang keluar dari program bailout. (wdi)

Sumber : Okezone


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita