110 Rabu, 02 April 2014 | 09:48:34

Inilah Bioskop yang Mirip Bandara

Inilah Bioskop yang Mirip Bandara

Desainer Ora Ito, baru saja menyelesaikan bioskop sepuluh layar untuk Pathe sebagai bagian dalam pembaruan Centre Beaugrenelle di Paris, Perancis. Gaumont-Pathe merupakan nama rantai dagang bioskop terkenal di negeri mode ini. Khusus karya Ito, lebih menyerupai bandara ketimbang bioskop konvensional. Ora Ito menyatakan bahwa skema bioskop ini memang dibuat menyerupai area kedatangan penumpang di bandara. Para calon penonton film dibuat santai sebelum menikmati kejutan dan keindahan visual di dalam ruang-ruang bioskop.

Interior bioskop ini begitu ekspansif. Sebelum menonton film, pengunjung bisa menikmati lapangnya area publik yang biasa berisi kios penjual berondong jagung. Mereka juga bisa memanfaatkan kafe dan bengkel kerja (workshop) edukasional yang ada di sana.

Selain ekspansif, interior bioskop ini juga cantik. Plafon bioskop dihias dengan menggunakan lembaran kayu bergelombang yang disisipkan lampu, serta kamera pengawas. Bagian berplafon kayu memberikan kesan hangat dan "mengundang" bagi para pengunjung.

Tidak hanya nyaman dipandang, desain gedung bioskop ini juga sudah dirancang dengan penuh kehati-hatian untuk memastikan para pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama. Untuk mempermudah pengunjung, dinding-dinding bioskop diberikan warna berbeda dan ditunjang pula oleh pencahayaan.

Pengunjung dengan intuitif tahu jalan menuju ruang yang ditujunya. Selain itu, para pengunjung juga akan disambut dengan berbagai layar elektronik canggih yang menampung poster film serta berbagai informasi lainnya.  

Emosi setiap bagian sengaja dibuat berbeda. Pengunjung yang turun dari bioskop menggunakan eskalator akan disambut dengan koridor berwarna hitam. Kali ini, sang desainer tidak lagi menggunakan bandara sebagai referensi, melainkan menggunakan film bergenre noir (film hitam-putih).

Editor                : Hilda B Alexander
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Designboom

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita