253 Jum'at, 28 Maret 2014 | 09:20:49

Bandara Changi (Lagi) Terbaik di Dunia!

Bandara Changi (Lagi) Terbaik di Dunia!

Bandar udara internasional milik Singapura, Changi, terpilih menjadi Bandar Udara Terbaik Dunia (World's Best Airport) 2014 di acara "2014 World Airport Awards" yang berlangsung di Passenger Terminal EXPO, Barcelona, Spanyol.

"Keberhasilan Singapore Changi Airport memenangkan penghargaan 'World's Best Airport' ini untuk dua tahun berturut-turut membuktikan bahwa Changi lebih dari sekadar bandar udara biasa," kata CEO Skytrax Edward Plaisted dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Menurut dia, bandara Changi menawarkan pengalaman wisata tersendiri dan terus meningkatkan standar kualitasnya untuk menjadi bandara udara terfavorit di seluruh dunia. Sebelumnya, pada 2009, Changi berada di urutan ketiga bandara terbaik di dunia. Setahun kemudian, pada 2010, bandara ini merebut gelar sebagai Bandara Terbaik di Dunia tahun 2010 dalam survei Skytrax World Airport.

"Changi dikenal sebagai inovator dalam industri bandar udara dan selalu memberi kejutan yang menyenangkan bagi wisatawan untuk dapat menikmati berbagai fasilitas di bandara," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, selain terpilih sebagai Bandar Udara Terbaik Dunia, Changi juga menerima penghargaan sebagai "Bandar Udara Terbaik untuk Fasilitas Rekreasi" (Best Airport for Leisure Amenities). Edward mengemukakan, Changi memperoleh penghargaan tersebut karena bandara internasional Singapura itu dapat memperlihatkan bahwa pengalaman di bandara dapat menjadi bagian menyenangkan dari sebuah perjalanan, sesuatu yang sangat berarti di dunia dengan mobilitas tinggi.

Sementara itu, CEO Changi Airport Group Lee Seow Hiang mengatakan pihaknya merasa senang dan terhormat karena Changi dinobatkan oleh Skytrax sebagai Bandar Udara Terbaik Dunia selama dua tahun berturut-turut.

"Kami menghargai dukungan yang diberikan para wisatawan dari seluruh dunia. Penghargaan ini merupakan motivasi besar bagi kami untuk terus berusaha menjadi lebih baik lagi. Di Changi Airport, kami selalu berusaha mengantisipasi kebutuhan pelanggan, yang merupakan dasar dari Changi Experience (pengalaman di Changi)," katanya.

Pada 2013 lalu, Bandara Changi menunjukkan performa yang baik dan menciptakan standar baru dalam hal lalu-lintas penumpang dan pergerakan pesawat terbang, yaitu menangani 53,7 juta penumpang dan 343.800 pendaratan dan keberangkatan sepanjang tahun. Pertumbuhan lalu-lintas penumpang di Changi pada 2013 lalu juga didorong oleh tingginya pariwisata di kawasan Asia Pasifik.

Perjanjian bilateral layanan udara antara Singapura dan Indonesia dimulai pada Februari 2013 dan membawa peluang baru untuk bertumbuh, terutama untuk rute Singapura-Jakarta, rute penerbangan tersibuk kedua di dunia.

Adapun sepuluh bandara terbaik dunia untuk 2014 ini meliputi:

1. Bandara Internasional Changi Singapura.

2. Bandara Internasional Incheon.

3. Bandara Munich.

4. Bandara Internasional Hong Kong.

5. Bandara Internasional Schiphol Amsterdam.

6. Bandara Internasional Tokyo (Haneda).

7. Bandara Internasional Beijing Capital.

8. Bandara Internasional Zurich.

9. Bandara Internasional Vancouver.

10. Bandara Internasional Heathrow London.

"The World Airport Awards" adalah penghargaan paling bergengsi untuk industri bandar udara. Pemilihannya dilakukan dengan cara survei kepuasan pelanggan bandar udara terbesar setiap tahun.

Penghargaan tersebut didasarkan pada nominasi dari 12,85 juta wisatawan yang berasal dari 110 negara, dan meliputi 410 bandar udara di seluruh dunia. Proses survei dan pemberian penghargaan dilakukan secara independen dan bebas dari campur tangan bandar udara maupun pihak lain dalam penentuan hasil akhir.

Survei itu mengevaluasi kepuasan pelanggan dalam hal 39 indikator kinerja layanan dan produk bandar udara, mulai dari layanan check-in, kedatangan, transfer, pengalaman berbelanja, keamanan dan imigrasi, hingga keberangkatan dari pintu gerbang.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita