125 Senin, 24 Maret 2014 | 08:34:43

Gedung Bersejarah Spanyol Akan Diambil Alih Oleh Orang Terkaya China

Gedung Bersejarah Spanyol Akan Diambil Alih Oleh Orang Terkaya China

Orang paling tajir di China, Wang Jianlin, punya rencana cukup "gila". Ia telah mengajukan tawaran untuk membeli pencakar langit di Madrid, Spanyol. Yang membuat kabar ini istimewa adalah pencakar langit yang akan ia beli bukan sembarang,  melainkan sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon atau tengara ibukota Negeri Matador  tersebut.

Media Spanyol mewartakan, Wang yang juga dikenal sebagai raja properti, bersedia membeli Plaza de Espana senilai 362 juta dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 4,1 triliun.

Penawaran tersebut diajukan langsung melalui Dalian Wanda Group kepada sang pemilik gedung setinggi 25 lantai tersebut, yakni raksasa perbankan Spanyol, Santander.

Pemimpin wilayah Madrid, Ignacio Gonzalez, memberikan konfirmasi bahwa benar telah terjadi kesepakatan jual beli antara Dalian Wanda dengan Santander.

Gedung yang berada di area Plaza de Espana tersebut merupakan pencakar langit ikonik yang dibangun pada 1953 saat Spanyol berada di bawah kediktatoran Fransisco Franco. Materialnya berasal dari bata putih dan merah.

Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran sekaligus apartemen dan mendominasi panorama hampir seluruh alun-alun Plaza de Espana.

Pada 2006, bangunan ini dibiarkan kosong tanpa penghuni dan dijadikan sebagai simbol runtuhnya sektor properti yang terjadi pada 2008. Keruntuhan tersebut membawa Spanyol ke dalam resesi ganda.

Dengan pembelian tersebut, lanjut Gonzales, diharapkan dapat mendorong investasi besar-besaran masuk ke Spanyol.

Wang sendiri tercatat sebagai mantan anggota senior Partai Komunis China. Ia menduduki peringkat orang terkaya di negerinya dan 26 terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi diperkirakan mencapai 14 miliar dollar AS (Rp 160 triliun).

Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Channelnewsasia

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita