18 Rabu, 12 Maret 2014 | 10:15:55

Rumah Portabel, Solusi Murah dan Efektif Pasca Bencana

Rumah Portabel, Solusi Murah dan Efektif Pasca Bencana

Desainer Michael McDaniel punya cara yang lebih elegan dalam memprotes kinerja dan pemerintah ketika menanggulangi bencana Badai Katrina di Amerika Serikat. Sebagai penduduk asli Mississippi, McDaniel tahu betul bagaimana penduduk tepi sungai harus berhadapan dengan banjir dan badai dari daerah teluk. Alih-alih menggunakan perangkat sama dengan penanggulangan Badai Camille 37 tahun lalu seperti yang dilakukan pemerintah, ia justru membuat tempat berlindung bernama Exo Housing System.

Menurut McDaniel, Exo jauh lebih unggul ketimbang solusi yang ditawarkan Federal Emergency Management Agency (FEMA, agensi milik pemerintah Amerika Serikat terkait mitigasi bencana, persiapan, respon, pendidikan, hingga sumber referensi terkait bencana). Setiap Exo dibangun hanya dengan biaya seperempat dari dana yang dibutuhkan FEMA (sekitar Rp 57 juta).

Exo adalah tempat berlindung, konsepnya sama dengan tenda, namun lebih aman bagi korban bencana. Cangkang bagian atas dibuat dari aluminium, sementara bagian alasnya dibuat dari besi. Meski tidak disebutkan detailnya, namun McDaniel menyatakan bobot Exo relatif ringan dan bisa dibangun dengan tangan kosong, dipindahkan, dan menjadi rumah sementara yang aman.

Hanya butuh dua menit untuk membangun tempat tinggal berukuran 7,4 m2 ini. Setiap Exo pun bisa ditumpuk dan dipindahkan sesuai kebutuhannya. Satu truk bisa membawa 20 Exo, cukup untuk menampung 80 pengungsi.

Selain bentuknya yang unik, ide pembuatan Exo pun terbilang istimewa. McDaniel mendapat idenya ketika dia menikmati segelas kopi. Ketika cangkir kopi kosong tertelingkup, cangkir tersebut menjadi cangkang dan bisa ditumpuk. Dari sanalah, ide Exo lahir. McDaniel kemudian membangun perusahaan bernama Reaction dan memproduksi Exo.

"Saya menemukan solusi terbaik adalah teepee, seperti yang digunakan oleh suku-suku nomaden di Midwest," ujarnya. "Cukup menakjubkan. Ini adalah struktur yang sangat portabel dan komunal."

Kini, struktur karyanya tengah dipajang dalam festival SXSW.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita