185 Selasa, 11 Maret 2014 | 10:00:04

Inilah Pabrik Masa Depan Ramah Lingkungan

Inilah Pabrik Masa Depan Ramah Lingkungan

Berita baik datang dari Chicago, Amerika Serikat. Berkat hasil desain William McDonough + Partners, pabrik-pabrik di masa depan akan dikenal sebagai fasilitas ramah lingkungan yang tidak akan mencemari sekelilingnya. Perusahaan arsitektur tersebut ditugaskan oleh Method untuk membangun pabrik super bersih dengan menggunakan bahan berkelanjutan dan memanfaatkan tenaga terbarukan.

"Seringkali, dalam revolusi industri pertama, pabrik-pabrik kotor. Kami punya gambaran bahwa pabrik adalah bangunan-bangunan dengan cerobong asap, fasilitas yang tidak diinginkan keluarga-keluarga untuk hadir di lingkungan rumahnya," ujar William McDonough.

Berbeda dengan citra pabrik yang sudah melekat di benak masyarakat dunia, pabrik milik Method ini justru bertolak belakang 180 derajat. McDonough akan menggunakan energi dan air bersih terbarukan untuk menciptakan produk rumah tangga inovatif.

"Manifestasi 'pabrik yang higienis' dalam skala sebesar ini akan menguntungkan komunitas di sekitarnya. Pabrik akan menyediakan lapangan pekerjaan dan menjadi fasilitas yang menyenangkan bagi lingkungannya. Anak-anak Anda bisa bermain dengan aman di sini. Perusahaan seperti Method akan menjadi contoh baru, model industri yang bersih bagi Amerika Serikat. Benar-benar menyenangkan bekerja bersama mereka," imbuh McDonough.

McDonough akan bekerja bersama kontraktor Summit Design + Build, LLC, dan berkolaborasi dengan Heitman Architects Incorporated. Insinyur sipil Spaceco, arsitek lanskap dari Norris Design, konsultan energi terbarukan Buro Happold juga akan terlibat dalam pembuatan pabrik tersebut.

Pabrik ini akan dilengkapi dengan kincir angin (wind turbine), kanopi panel surya untuk meneduhkan mobil di parkiran, serta panel-panel panas matahari. Situs canggih ini juga akan memberikan keuntungan bagi daerah seluas 8,9 hektar di sekeliling pabrik. Methods akan meningkatkan akses pejalan kaki di sekitar pabrik untuk memudahkan para pekerja dan menghubungkan mereka dengan sarana transportasi massal.

Pabrik pun akan menggunakan bahan bangunan bersertifikat Cradle to Cradle. Sertifikat tersebut memastikan bahan-bahan aman bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. William McDonough + Partners memastikan keamanan para pekerja, juga kenyamanan mereka dengan memberikan pencahayaan yang cukup serta penataan lanskap istimewa.

Editor                : Hilda B Alexander
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Archdaily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita