56 Selasa, 04 Maret 2014 | 14:48:56

Meski Mahal, Kolombia Bangun Rumah Sakit Hemat Energi

Meski Mahal, Kolombia Bangun Rumah Sakit Hemat Energi

Kepedulian masyarakat Kolumbia tentang lingkungan patut diacungi jempol. Salah kota di provinsi Kanada, Amerika Serikat ini membangun sebuah rumah sakit dengan konsep hemat energi.

Adalah Surrey Memorial Hospital Critical Care Tower, rumah sakit yang dibangun di atas lahan seluas 420 ribu meter persegi ini dirancang khusus untuk mengurangi konsumsi energi. Proyek pembangunan rumah sakit ini merupakan contoh proyek yang menganut tiga prinsip sistem pembangunan yang berkelanjutan, seperti peduli lingkungan, ekonomi dan bertanggung jawab secara sosial.

Proyek konstruksi rumah sakit hemat energi ini memang menghabiskan biaya yang tidak sedikit, yakni USD512 juta atau Rp5,9 triliun (kurs Rp11.634 per USD) dengan melibatkan arsitek CEI Arsitektur. Rumah sakit ini khusus melayani pasien gangguan jiwa dan kesehatan anak.

Selain didesain hemat energi, interior rumah sakit ini juga sangat unik. Biasanya, selain gedung perkantoran, rumah sakit juga termasuk salah satu gedung yang paling banyak menghabiskan energi. Namun gedung ini berhasil mendapat sertifikat {Leadership in Energy and Environmental Design} (LEED) yang merupakan standarisasi dari Amerika Serikat yang menempatkan keunggulan desain dan proses pembangunan gedung pada sejumlah aspek utama kelestarian yang berkelanjutan untuk kategori Gold.

Surrey Critical Care Tower ini dirancang dapat mengurangi konsumsi energi hingga 47 persen. Arsitek gedung ini merancang sebuah teknik pencahayaan alami untuk efisiensi energi dan ramah lingkungan. Selain itu, setidaknya 20 persen material untuk eksterior dan interiornya menggunakan material kayu.

CEI Arsitektur dan Parkin Arsitek telah menciptakan sebuah bangunan yang tidak akan hanya menjadi contoh desain yang berkelanjutan di Kolumbia, tetapi juga masa depan untuk bangunan sebuah rumah sakit yang hemat energi. Eskterior bangunan didominasi dengan konstruksi kayu.  Pemerintah Kolumbia tengah menggiatkan industri kayu lokal. Dengan bekerja sama dengan tim desain CEI Arsitektur, diharapkan mampu mengangkat indsutri kayu lokal di Kolumbia. (wdi)    

Sumber                : Okezone
Sumber  Gambar : Inhabitat

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita