116 Jum'at, 28 Februari 2014 | 10:38:45

Pabrik Minuman Anggur Ini Dibuat dari Bangkai Kapal

Pabrik Minuman Anggur Ini Dibuat dari Bangkai Kapal

Vena Cava Winery adalah fasilitas pembuatan minuman anggur atau wine di Lembah Guadalupe, Meksiko. Lokasi tepatnya berada 20km di timur Ensenada, Baja, California. Bertempat di lokasi penghasil anggur terkenal, Vena Cava Winery menonjol di antara pabrik minuman anggur lainnya. Penyebabnya sederhana. Fasilitas ini punya desain bangunan unik yang dibuat dari bahan tidak biasa.

Vena Cava Winery dirancang oleh studio desain asal California, Amerika Serikat, Claudia Turrent + Alejandro d’Acosta Arquitectos. Studio inilah yang membuat Vena Cava Winery punya desain bangunan unik. Keseluruhan pabrik menggunakan bangkai kapal yang diambil dari pelabuhan tidak jauh dari lokasi pabrik.

Claudia Turrent + Alejandro d’Acosta Arquitectos tidak menggunakan potongan bangkai kapal untuk semua bagian pabrik. Studio ini membiarkan tanah di sekitar pabrik "telanjang". Sementara itu, studio tersebut menggunakan bagian-bagian bangkai kapal untuk menutup lantai interior serta plafon pabrik.

Bahan-bahan daur ulang memang memberikan nuansa yang sedikit berantakan bagi fasad pabrik. Namun, dengan cara yang istimewa, pabrik ini mampu menawarkan daya tarik tersendiri.

Selain menggunakan bahan daur ulang, ada lagi hal istimewa yang dimiliki oleh pabrik tersebut. Seperti dikutip Designboom.com, pabrik ini memanfaatkan kontur tanah tempatnya berada untuk menekan ongkos produksi. Tanah miring dan dorongan angin merupakan dukungan alam yang sangat efektif untuk membuat pabrik anggur.

Proses pembuatan minuman anggur menjadi lebih murah karena penggunaan pompa bisa ditekan. Sumber yang sama menyatakan, gravitasi digunakan oleh pabrik minuman anggur ini untuk memberikan kendali lebih besar atas proses pembuatan anggur dan menganginan.

Editor                  : Latief
Sumber               : Kompas
Sumber Gambar : Designboom

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita