232 Jum'at, 28 Februari 2014 | 09:34:50

Rumah 'Berjalan', Cara Amerika Serikat Atasi Backlog Perumahan

Rumah 'Berjalan', Cara Amerika Serikat Atasi Backlog Perumahan

Tidak hanya di Indonesia, backlog atau kebutuhan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ternyata juga terjadi di Amerika Serikat (AS). Untuk mengatasi kekurangan rumah bagi masyarakat miskin dia Amerika, pemerintah setempat mendesain sebuah rumah "berjalan" bagi kaum homeless di Amerika yang tentunya juga irit budget. Seperti apa?.

Rumah-rumah mungil ini berlokasi di Olympia, Washington. Olympia merupakan sebuah desa yang penduduknya suka hidup berpindah-pindah atau nomaden. Mereka sering hidup berkelompok dan bermunculan di pinggir kota.

Alih-alih mengusir mereka, pemerintah kota Washington memutuskan untuk membangun rumah 'berjalan' untuk mereka secara cuma-cuma. Pemerintah pun membangun rumah seluas 144 meter persegi dan dilengkapi dengan teras, lengkap dengan insfrastruktur jalannya.

Rumah berjalan ini dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Gary Pickering. Ia sendiri dahulunya merupakan seorang tunawisma. Meski berukuran kecil, rumah ini dilengkapi dengan tenaga surya, lengkap dengan toilet dan pemanas ruangan. Rumah ini juga didirikan di atas roda, sehingga bisa berjalan layaknya karavan. Berkat dukungan dari berbagai pihak, untuk tahap pertama, pemerintah kota Olympia telah membangun sebanyak 30 unit rumah. Rumah ini dibuat menggunakan material kayu agar lebih ringan. (mut) (wdi)    

Sumber               : Okezone
Sumber Gambar : Inhabit

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita