199 Jum'at, 28 Februari 2014 | 09:24:55

Pasar Perumahan di Singapura Melambat, Keuntungan Pengembang Turun

Pasar Perumahan di Singapura Melambat, Keuntungan Pengembang Turun

City Development Ltd, yang merupakan pengembang terbesar kedua di Singapura mengaku mengalami penurunan profit hingga 11 persen pada Kuartal IV-2013. Tercatat selama kuartal terakhir 2013, menurut laporan keuangan perusahaan City Development hanya mampu mengumpulkan laba bersih sebesar USD174 miliar atau Rp2 triliun (kurs Rp11.710 per USD). Padahal sebelumnya pengembang ini mampu meraup keuntungan hampir dua kali lipatnya, yaitu sekitar USD249 miliar atau Rp2,9 trilun.

"Saya berharap City Development dapat mengandalkan pemasukannya dari bisnis luar negeri. Pasar perumahan di Singapura makin menantang karena naiknya harga tanah di tengah melambatnya permintaan, sehingga menyebabkan pengembang apes, karena margin berkurang," kata salah seorang analis UOB Kay Hian Pte, Vikrant Pandey, Jumat (28/2/2014).

Sejak kuartal terakhir 2013, harga perumahan di Singapura anjlok untuk pertama kalinya dalam dua tahun belakangan. Sama seperti Indonesia, melambatnya pasar perumahan ini diakibatkan oleh kebijakan pemerintah untuk mendinginkan pasar perumahan disana. Tercatat dalam lima tahun belakangan, penjualan rumah pada Januari 2014 turun ke level terendah. Hal ini terjadi karena kebijakan baru yang dibuat pemerintah Singapura yang menyatakan kepada pembeli kredit properti tidak boleh lebih dari 60 persen dari pendapatan bulanan mereka.

"City Development siap menuai keuntungan dari luar negeri, seperti China dan London. Kami juga akan mencari peluang di pasar yang lebih menantang seperti Amerika Serikat, Jepang dan Australia. Kami memilih negara-negara ini karena ekonominya baru saja pulih,pasar modal mereka juga transparansi, dan tata kelola perusahaanya mirip dengan Singapura," kata Direktur Eksekutif City Development, Mr Kwek Leng Beng. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita