97 Senin, 17 Februari 2014 | 09:55:08

Canggih... Rumah Kontrakan Massal Ini Dirangkai di Pabrik!

Canggih... Rumah Kontrakan Massal Ini Dirangkai di Pabrik!

Mitcham, sebuah lokasi di barat daya London, menjadi lokasi pertama pengembangan rumah-rumah "Y:Cube". Rumah berteknologi tinggi didesain oleh arsitek terkenal dunia, Rogers Stirk Harbour and Partners itu merupakan usaha untuk merumahkan kaum muda Inggris yang dihantam oleh tingginya harga properti. Pembangunan tersebut merupakan langkah bantuan bagi program yang diinisiasi oleh YMCA.

YMCA adalah organisasi amal bagi kaum muda terbesar dan tertua di dunia. Rumah-rumah Y:Cube dibangun dan dirangkai di pabrik sebelum akhirnya tiba di lokasi, yaitu di Mitcham, Merton, London, Inggris. Rencananya, akan ada 36 rumah akan tiba di lokasi milik YMCA itu.

Setiap rumah akan memiliki satu kamar tidur. Biaya untuk tinggal di rumah-rumah ini mencapai 140 poundsterling setiap minggu atau sekitar Rp 2,7 juta. Jumlah ini ternyata hanya 35 persen dari tarif sewa rumah rata-rata di Inggris.

Rencananya, penghuni pertama rumah-rumah Y:Cube boleh tinggal di rumah tersebut selama 12 bulan. Mereka adalah para lajang yang sebelumnya tinggal di YMCA. Di masa mendatang, YMCA sudah menargetkan akan membuat hunian bagi orang-orang membutuhkan yang masuk dalam daftar tunggu pemerintah  setempat, baik lajang maupun sudah menikah.

Tidak sekedar murah
Program pembangunan rumah ini lebih menarik dari program-program rumah murah lainnya, lantaran Rogers Stirk Harbour and Partners tidak hanya mendesain rumah sederhana. Arsitek yang tergabung dalam firma itu menghabiskan 30.000 poundsterling atau Rp 584.326.178,89) setiap rumah untuk membuat rumah prefab canggih, efisien dalam penggunaan energi, serta berdesain keren.

Skema yang ditawarkan oleh YMCA untuk merumahkan kaum muda ini juga memiliki sistem pendanaan independen. Artinya, para pembayar pajak tidak diberatkan oleh program tersebut. Jika prototipe di London ini berhasil, direktur YMCA Andy Redfearn pun akan membangun rumah-rumah serupa namun dia juga akan membuka kesempatan bagi pihak swasta untuk berinvestasi.

Bukan hanya itu keunggulannya. Penghuni rumah sewa ini juga akan mendapat hunian seluas 26,5m2. Masing-masing hunian itu memiliki kamar tidur berukuran cukup besar, kamar mandi, ruang keluarga.

Isinya pun lengkap dengan sofa, meja, rak buku, dan area dapur. Jadi, meskipun dihitung dalam angka setiap unit hunian ini terasa mungil, kenyataannya rumah-rmah prefab ini mampu menampung dua orang dengan nyaman.

Layak ditiru?

Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Homeandproperty

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita