144 Senin, 10 Februari 2014 | 14:12:57

Mexico Bangun Perpustakaan Modern Berlantai Kaca

Mexico Bangun Perpustakaan Modern Berlantai Kaca

Wajar jika perpustakaan penuh dengan buku. Namun, perpustakaan yang ada di Mexico City, Mexico, ini tidak penuh dengan buku semata. Bangunan bernama La Ciudadela, ini termasuk istimewa, karena pada beberapa ruangan lantainya dilapisi kaca. Perpustakaan tersebut juga dilengkapi dengan perpustakaan khusus anak, toko buku, dan area publik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Berbagai fitur yang ada di dalam perpustakaan ini, termasuk dinding buku dan lantai kaca pada toko buku, serta berbagai fitur lain membuatnya tampak modern. Padahal, fasilitas publik ini  berada di tengah-tengah bangunan yang sudah berdiri sejak abad ke-18.
 
Keseluruhan area bernama yang menaungi perpustakaan ini memiliki luas 25.450 m2. Perusahaan asal Meksiko, Taller 6A, bertanggung jawab merenovasi sebagian besar area tersebut untuk memperbarui tampilan dan melakukan pemutakhiran perpustakaan.

La Ciudadela termasuk bangunan bersejarah. Sebelumnya, bangunan ini berfungsi sebagai markas besar militer, penjara, sekolah, dan pabrik senjata. Fasilitas ini kemudian dialihfungsikan pada 1946 sebagai perpustakaan. Sejak saat itu, La Ciudadela menjadi perpustakaan pertama di negara teksebut.

Sebelum digubah oleh Taller 6A, fasilitas ini terakhir dipugar pada tahun 1987. Pada saat itu, Abraham Zabludovsky menutup empat teras utama dan teras pusat dengan payung besar. Bayangkan, area berbentuk persegi dengan tanda palang merah di tengahnya yang berfungsi sebagai penghubung. Itulah denah La Ciudadela.
 
Di antara ruang-ruang tersebut, terdapat ruang baca khusus yang aman bagi anak. Selain memiliki koleksi buku yang lengkap, perpustakaan ini juga memiliki area Braille, ruang serbaguna, pengajaran digital, area khusus untuk bayi.

Taller 6A mengorganisasi kembali program berbagai aktivitas dalam perpustakaan agar pengoperasiannya lebih logis dan efisien. Perusahaan ini juga ingin menyelamatkan karakter bangunan dengan menggunakan kembali fungsi-fungsi dasar teras. Termasuk meningkatkan jumlah cahaya alami di dalam ruangan, meningkatkan aksesibilitas, serta memperbarui perlengkapan agar sesuai dengan teknologi terbaru.
 
Selain memperbarui fasilitas untuk anak-anak, perusahaan ini pun menambahkan toko buku dengan fitur unik. Tidak hanya menjual buku, toko bernama "Alejandro Rossi" tersebut juga bisa digunakan sebagai area pameran. Dinding yang menyekat interiornya berfungsi ganda sebagai rak buku. Dinding tersebut dibuat dari ratusan boks-boks kayu. Tidak hanya itu saja, seperti sudah disebutkan sebelumnya, lantainya pun terbuat dari kaca tembus pandang.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita