261 Senin, 03 Februari 2014 | 11:25:40

Rusia Bangun Toko Buku dan Perpustakaan Terbuka

Rusia Bangun Toko Buku dan Perpustakaan Terbuka

Buku dan pecinta buku umumnya berada di dalam ruangan. Alexander dan Daria Kudmova Butahinoy dari Ruetemple Architectural Studio mencoba mendobrak hal tersebut. Mereka membuat tiga "perpustakaan" luar ruangan di Rusia, tepatnya di Taman Muzeon.

Kreasi pertama sengaja didesain sebagai kios untuk menjual buku. Di kios tersebut, mereka menyediakan tempat penyimpanan buku sekaligus tempat duduk bagi calon pembeli buku. Kios ini pun dilengkapi dengan penutup kaca. Pada siang hari, penutup tersebut bisa melindungi buku dari paparan sinar matahari langsung, sementara di malam hari kaca tersebut tidak hanya mampu melindungi buku, namun juga membuatya jadi pajangan menarik.

Kreasi kedua berukuran lebih besar. Perpustakaan luar ruangan tersebut dibangun di Taman Muzeon, Moskow, Rusia. Perpustakaan ini menawarkan area yang lebih luar untuk menyimpan lebih banyak koleksi buku dan tempat membaca lebih nyaman. Tidak hanya privasi, perpustakaan ini pun membuat para pembaca tetap nyaman dengan menyediakan sirkulasi udara berupa jendela-jendela mungil di antara rak buku. Perpustakaan ini pun menyediakan bar bagi mereka yang ingin membaca buku dan menghabiskan malam sembari menenggak sebotol bir.

Kreasi ketiga bentuknya menyerupai roda raksasa. Perpustakaan mungil berkonsep bangku taman ini membuat pembaca buku dapat membaca buku sembari dikelilingi oleh banyak buku di sekitarnya. Roda raksasa ini dilapisi dengan permukaan tembus pandang. Jadi, sinar matahari bisa menyelinap ke dalam dan menerangi orang yang tengah membaca di dalamnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita