99 Selasa, 28 Januari 2014 | 09:19:12

Miliarder China Siap Investasi Properti Rp60 T di Inggris

Miliarder China Siap Investasi Properti Rp60 T di Inggris

Orang terkaya di China, Wang Jianlin, berencana menanam investasi sekira sampai USD4,95 miliar atau setara dengan Rp60,57 triliun (Rp12.236 per USD) untuk proyek properti di Inggris. Keputusan tersebut seiring dengan kebijakan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, yang menyambut baik jika China mau menanam investasi di negaranya. Demikian dilansir dari Forbes, Senin (27/1/2014).

"Ada peluang investasi di Inggris. Ada potensi keuntungan di sana, dan pemerintah Inggris telah menyatakan dengan jelas terbuka atas investasi yang akan masuk," jelas Wang dalam peryataannya usai bertemu Cameron dalam konferensi di Davos, Swiss.

"Ada alasan yang kuat kenapa kami memilih Inggris sebagai tempat kami untuk berekspansi," jelas dia.

Perusahaan Wang, Dalian Wanda Group, merupakan perusahaan pengembang real estat dan juga menggarap bisnis bioskop. Tahun lalu, perusahaan ini mengungkapkan keinginannya untuk berinvestasi sebesar USD1 miliar di Inggris.

Rencana Wanda menyasar Inggris ini seiring dorongan dari pemerintah China agar perusahaan meningkatkan investasinya di luar negeri. Pekan lalu, produsen komputer terbesar di China, Lenovo, sudah sepakat untuk membayar USD2,3 miliar untuk pengembangan bisnis server IBM.

Pendapatan dari Wanda, yakni dari Wanda Commercial Properties pada tahun 2013 menguat 32 persen menjadi USD24 miliar dibandingkan periode sebelumnya. Naiknya pendapatan perusahaan ini seiring dengan ekspansinya membuka 18 Wanda Plazas.

Perusahaan tercatat menyewakan lahan seluas 17 juta meter persegi, hal ini menjadikan perusahaan sebagai perusahaan kedua yang menjadi pemilik lahan dan operator di properti komersial.

Wang yang sudah menjadi raja dari industri properti di China ini menempati posisi teratas dari daftar orang terkaya di China versi Forbes. Kekayaannya tercatat mencapai USD14,1 miliar. Dia juga dinobatkanmenjadi Forbes Asia 2013 Businessman of the Year. (wdi)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita