115 Senin, 27 Januari 2014 | 11:04:18

Di Kota Besar, 'Generasi Milenium' Makin Ogah Punya Mobil Pribadi

Di Kota Besar, 'Generasi Milenium' Makin Ogah Punya Mobil Pribadi

Menurut Direktur Sustainable Worldwide Transportation di Michigan Michael Sivak, seperti dikutip dalam The Atlantic, tingkat kepemilikan kendaraan berbeda-beda di antara 30 kota-kota terbesar Amerika Serikat. Sulit dibayangkan betapa padatnya!

Penduduk New York misalnya, memiliki jumlah keluarga tanpa kendaraan terbesar, yaitu 56,5 persen. Sementara, San Jose memiliki jumlah terendah, yaitu 5,8 persen. Sivak memperhitungkan bahwa 21 dari 30 kota tersebut memiliki peningkatan jumlah keluarga tanpa kendaraan sejak 2007.

Derek Thomson, Editor Senior The Atlantic mengungkapkan, Kota New York, Washington D.C., Boston, dan Philadelphia sama-sama merupakan kota tua. Kota-kota tersebut juga padat penduduk dan memiliki sistem transportasi publik yang cukup baik. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Michael Sivak.

Sivak mengungkapkan, ada banyak faktor yang mempengaruhi kecenderungan keluarga-keluarga tersebut enggan memiliki kendaraan pribadi.

"Lima kota dengan proporsi tertinggi keluarga tanpa kendaraan semuanya berada di antara lima kota terbaik dalam kualitas transportasi publik," kata Sivak.

Selain itu, Derek Thomson juga ingat bahwa New York, D.C., Boston, Philadelphia, dan San Francisco merupakan "magnet" bagi para lulusan sarjana. Ternyata, data pun menunjukkan bahwa Generasi Milenium semakin menghindari kepemilikan mobil karena mereka dituntut melunasi hutang pendidikan (student loan). Namun, Thomson juga menemukan data lain.

"Kota yang sangat produktif merupakan magnet bagi orang-orang berbakat dan kaya. Orang-orang tersebut cenderung dikelilingi pemuda berusia 20 tahunan yang baru memulai karir mereka. Kota kecil menjadi padat, dan kota padat membutuhkan transportasi publik efektif. Hal ini membuat mobil menjadi barang mahal yang tidak harus dimiliki," ujarnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita