69 Senin, 27 Januari 2014 | 09:56:04

Swiss Terus Tahan Laju Penjualan Properti

Swiss Terus Tahan Laju Penjualan Properti

Untuk menekan laju pasar properti yang tumbuh pesat, Swiss menerapkan aturan baru. Yakni, dengan melakukan pembatasan modal perbankan guna menahan laju KPR. Dengan aturan baru ini, bank sentral Swiss (Swiss National Bank/SNB) akan meminta bank pemberi pinjaman untuk menahan modal sampai 2 persen terhadap aktiva tertimbang menurut risiko hipotek. Ini adalah dua kali lipat dari aturan di mana sebelumnya bank diminta mambatasi rasio tersebut sampai 1 persen pada Oktober tahun lalu.

"SNB telah menyimpulkan kenaikan kuat berkelanjutan dalam pinjaman hipotek dan harga properti perumahan Swiss telah menyebabkan ketidakseimbangan," kata pemerintah Swiss, dilansir dari World Property Channel, Minggu (26/1/2014).

Bank sentral memperketat pinjaman dari bank sebagai akibat dari kenaikan harga rumah, terutama di kota yang menjadi pangsa pasar perumahan utama, seperti Zurich dan Jenewa. Aturan yang diterapkan sebelumnya ternyata tidak menghentikan laju kenaikan harga properti di negara tersebut.

Pasalnya, Swiss akan tetap menahan tingkat suku bunga di kisaran nol persen untuk mengurangi tekanan atas mata uangnya, franc, dan membantu tumbuhnya perekonomian. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita