241 Rabu, 22 Januari 2014 | 10:54:01

'Rumah Cermin', Kamuflase Cantik dari Kaca Reflektif!

'Rumah Cermin', Kamuflase Cantik dari Kaca Reflektif!

Didesain oleh firma arsitek asal Amsterdam, Johan Selbing Architecture dan dan Anouk Vogel, Rumah Cermin (Mirror House) ini terlihat menyatu dengan lanskap di sekitarnya. Hunian ini terdiri dari fasad yang seluruhnya terbuat dari kaca reflektif. Rumah Cermin ini merupakan salah satu dari edisi ketiga kompetisi proyek perumahan percobaan kecil di kawasan Almere, Belanda. Dua belas tim pemenang diberi kemungkinan untuk mewujudkan desain mereka di daerah terbuka di hutan Noorderplassen barat.

Dengan fasad kaca reflektif itu, Rumah Cermin ini hampir tak terlihat bentuknya karena terlalu "sibuk" memperlihatkan dunia di luar bangunannya sendiri. Dengan demikian, kaca ini justeru menghalangi pandangan ke bagian dalam rumah sehingga seolah-olah bertindak sebagai kamuflase untuk menawarkan penghuninya privasi yang tinggi.

Tanpa bentuk yang rumit, tata letak bangunannya dirancang untuk menjadi sekecil mungkin agar mudah beradaptasi dengan gaya hidup berbeda-beda dari calon penghuninya. Seperti disarikan dari Designboom, proposal kompetisi ini dikerjakan hingga ke detail terkecil, terutama untuk memastikan tinggi tingkat fleksibilitasnya.

Lantainya dibuat sedikit terangkat untuk menawarkan pemandangan ke hutan dengan bentuk pintu geser. Garis pandang pada interiornya membuat ini rumah terasa lebih besar yang sebenarnya. Adapun dindingnya ditutupi dalam panel multipleks sehingga penampilannya hangat dan berbeda dengan fasad kaca ramping sebagai penutupnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita