227 Selasa, 21 Januari 2014 | 15:29:15

Bangunan-bangunan Unik di Eropa

Bangunan-bangunan Unik di Eropa

Bangunan-bangunan yang terletak di Eropa ini didesain dengan ide-ide konyol. Namun, justru itulah yang membuat mereka menjadi bangunan yang sarat dengan arsitektur modern. Arsitek masing-masing bangunan menghasilkan ide kreatif, menembus batas ‘biasa-biasa saja’, sangat inspiratif. Simak ulasan berikut.

Krzywy Domek
Dibangun pada tahun 2004, Krzywy Domek terkenal dengan sebutan ‘Crooked House’, atau ‘Rumah Berlekuk’. Dinding dari Krzywy Domek tidak ada yang lurus, seakan-akan terlihat melalui lensa cembung dari jauh. Arsitekturnya, Szotyńscy dan Zaleski, terinspirasi dari lukisan seniman Szancer dan Dahlberg. Total bangunan bergelombang ini berdiri di tanah seluas 4000 m2. Bangunan ini terletak di Sopot, Polandia.

Kunsthaus Graz
Kunsthaus Graz memiliki julukan “friendly alien”, atau alien yang ramah karena pipa moncongnya. Yang lebih menarik lagi, penampilan Kunsthaus Graz dapat bercahaya di malam hari.

Hal ini bisa terjadi karena menggunakan teknik yang dinamakan BIX Facade. BIX, diambil dari kata big dan pixel, merupakan lapisan kaca akrilik yang merepresentasikan masyarakat urban yang modern, menggabungkan konsep arsitek dan media baru. Facade berarti muka gedung. Jadi ya, tampilan yang bisa diubah hanya bagian depan saja.

Bangunan yang diresmikan pada 2003 ini terletak di Graz, Austria. Kunsthaus Graz merupakan sebuah museum seni, tempat pertunjukan internasional seni modern dan kontemporer, seperti arsitektur, desain, film, fotografi, dan media baru.

Namun, tidak seperti museum kebanyakan, Kunsthaus Graz, tidak menyimpan barang-barang seni dalam bentuk apa pun. Fungsinya dibuat hanya menampilkan produk seni dalam jangka waktu tertentu.

Keret House
Pertumbuhan penduduk yang meningkat tiap tahunnya membuat kebutuhan akan rumah tinggal juga bertambah. Hal ini berdampak ke arah pembangunan properti yang makin menjamur, khusunya di kota-kota besar. Oleh karena itu, kota-kota pun terasa menjadi samakin sesak karena jumlah penduduk yang bertambah membuat ruang tempat tinggal menjadi terbatas.

Melihat kondisi sosial yang seperti ini, seorang arsitek asal Polandia, Jakub Szczesny membuat suatu karya unik yakni rumah dengan lebar hanya satu meter. Meski hanya mempunyai lebar satu meter, rumah tersebut dilengkapi kamar mandi, dapur, dan kamar tidur. Rumah unik tersebut memanjang ke dalam sejauh 10 meter dan memiliki tinggi 9 meter, serta berdiri 3 meter di atas permukaan tanah.

Uniknya lagi, rumah dibangun menyempit antara sebuah rumah tua dan apartemen modern di pusat kota Warsawa, Polandia. Jakub Szczesny telah merancang rumah dua lantai itu sejak tahun 2009. Dijuluki dengan sebutan “rumah kurus”, rumah tersebut dibuat dari bahan alumunium dan plastik. Selain itu, besi dan pipa alumunium menjadi penyangga strukturnya. Bahkan, rangka konstruksi rumah ini dibuat di tempat lain, sebelum dipindahkan ke tempat beridirinya rumah itu sekarang karena sempitnya lokasi. Karya Szczesny ini didukung oleh Yayasan Seni Modern Polandia. Penyewa pertamanya adalah Etgar Keret, sejak Okober 2012.


Sumber : Forum jalan2

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita