463 Selasa, 21 Januari 2014 | 11:12:32

'Mobile Home', Desain Rumah Mewah untuk Tunawisma di Jalanan!

'Mobile Home', Desain Rumah Mewah untuk Tunawisma di Jalanan!

Seorang desainar bernama Paul Elkins telah mengembangkan sebuah unit mobile home, semacam rumah dari gerobak kecil beroda. Ia membuatnya khusus untuk kebutuhan tunawisma di jalanan di kota besar. Rumah gerobak atau lebih kerennya ia sebut dengan mobile home ini memang dirancang sebagai rumah bagi tunawisma. Elkins merancangnya pada 2010 lalu sebagai bagian dari partisipasinya dalam kompetisi untuk memenuhi tuntutan masyarakat tunawisma yang kian berkembang pesat.

Tak ubahnya troli di pusat perbelanjaan, Elkins ingin desain konstruksi mobile home ini sangat sederhana dan ringan, tapi lengkap dan efisien. Ia membuat "rumah gerobak" ini lengkap dengan instalasi air di atas roda dan menampilkan atapnya sebagai meja yang bisa digunakan untuk menjual barang-barang buatan tangan.

Elkins membuat atap "rumah gerobak" ini sebagai penangkap hujan. Ketika hujan turun, katup diaktifkan untuk menghentikan aliran air ke tangki penampungan dan membersihkan sendiri kotoran dari air yang terbawa. Setelah satu menit, katup dapat diaktifkan kembali dan mengumpulkan air hujan hingga tanki terisi penuh. Jika air melimpah, Elkins telah menyiapkan fitur melimpah yang memungkinkan kelebihan air itu mengalir sendiri ke bawah atau tanah.

Apa saja isinya? Di rumah gerobak ini, Elkis menyiapkan ruangan istirahat lengkap dengan matras, dapur, serta kamar kecil darurat.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita