103 Selasa, 21 Januari 2014 | 09:26:34

Rumah Masa Depan untuk Kaum Urban

Rumah Masa Depan untuk Kaum Urban

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, seperti apa gambaran rumah di masa depan? Arsitek asal Denmark, Bjarke Ingels mencoba menjawab pertanyaan itu. Dalam dunia arsitektur, dia terbilang bukan pemain baru. Karya-karyanya telah banyak menjadi ikon di negaranya. Melalui perusahaan pribadinya, Bjarke Ingels Group (BIG) dia mencoba untuk mencetuskan rumah masa depan untuk kaum urban.
 
Melansir CNBC, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi jumlah penduduk perkotaan akan mencapai 6,4 miliar pada tahun 2050. Arsitek dari berbagai belahan dunia akan berlomba-lomba mencari cara untuk mengubah tata ruang kota agar lebih efisien.
 
Masalah yang terjadi di dunia saat ini sangat kronis. Menurut dewan pemerintahan London, tercatat ibukota Inggris ini membutuhkan sekitar 809 ribu rumah pada 2021 untuk memenuhi kebutuhan perumahan rakyatnya. Sementara itu Wali Kota New York, Bill de Blasio menjanjikan 200 ribu rumah murah pada 2020 untuk mengatasi kekurangan rumah di kotanya.
 
Ingels saat ini tengah membangun sebuah hunian di Kopenhagen, Denmark. Hunian yang dia beri nama Big House itu berbentuk miring dan mirip angka delapan. Dia membangun sekitar 30 hingga 35 rumah yang kemudian ia sewakan dengan harga yang terjangkau sesuai kebijakan kota.
 
Tidak hanya di Kopenhagen, Ingels juga mendesain rumah masa depan di Vancouver, Kolombia. Ingels merancang sebuah bangunan mixed-use yang berlokasi di Granville. Dia 'menyulap' bagian bawah jembatan di sebuah kota menjadi ruang galeri seni. Dia juga membangun sekitar 600 rumah masa depan, sementara sisanya sekira 180 unit disewakan.
 
Sementara itu di New York, proyek Ingels adalah membuat sebuah tower blok yang berbentuk piramida. Bangunan ini dijadwalkan akan rampung tahun depan. Dia membangun lebih dari 700 unit apartemen dengan ketinggian 142 meter. Luas keseluruhannya mencapai 45 ribu meter persegi. (rhs)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita