175 Senin, 13 Januari 2014 | 10:42:40

Wuih! Pencakar Langit Dari Kayu Ada Di Swedia

Wuih! Pencakar Langit Dari Kayu Ada Di Swedia

Pencakar langit dari kayu? Mungkin sesuatu yang tak pernah dipikirkan sebelumnya, namun seorang arsitek CF Moller sudah mencoba merancangnya. Bukan hal yang tak mungkin, kayu dapat dijadikan sebagai material untuk membuat gedung pencakar langit. Arsitek yang pernah menjadi pemenang  salah satu kompetisi arsitek di Swedia berhasil meyakinkan para dewan juri melalui proposalnya. Tak tangung-tanggung, ide “gedung kayunya” akan dibangun jika tak ada halangan dalam waktu dekat ini di Stockholm, Swedia.

Seperti yang dilansir designboom(11/01), rencananya bangunan yang akan selesai pada tahun 2023 ini nantinya akan dibangun dengan struktur dari kayu dan distabilkan dengan beton. Gedung ini nantinya akan digunakan sebagai apartemen yang memiliki balkon kaca sebagai panel surya. Terdapat kafe, gym, parkir sepeda, taman dalam gedung tersebut.

" Kayu adalah bahan alami yang tahan lama dan ramah lingkungan. Selain itu kayu juga dapat memebrikan iklim yang sehat dan nyaman," ucapnya.

Masih di Stockholm, Swedia,  sama seperti Moeller, gedung ini juga menggunakan struktur kayu. Kantor  Konversi, di Fleminggatan 4 rencananya akan dijadikan sebegai gedung pertemuan dan tempat rekreasi di pusat kota. Dalam gedung ini terdapat dermaga bertingkat yang menghadap ke air. Tidak hanya itu, bangunan ini nantinya juga dilengkapi dengan apartemen dengan fasilitas kolam berenang.

CF Moller Arsitek adalah sebuah perusahaan arsitektur yang berbasis di Århus, Denmark. Didirikan pada 1924 oleh CF Moller, sekarang ini perusahaan arsitektur terbesar di Denmark didasarkan pada jumlah arsitek yang dipekerjakannya.  Sekitar setengah pendapatan diperoleh di luar Denmark. Selain kantor utama di Århus, perusahaan memiliki kantor di Copenhagen, Oslo, London dan pada tahun 2007 membeli praktek arsitektur Swedia Stockholm berbasis Berg Arkitekter yang masih beroperasi di bawah nama sendiri.

Proyek saat ini meliputi proyek rumah sakit terbesar yang pernah dibangun di Denmark di Århus,  perpanjangan dari National Maritime Museum di London dan beberapa proyek di Norwegia, Swedia dan Denmark.

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita